PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN ALFAMART DAN INDOMARET DI KECAMATAN CIBATU KABUPATEN PURWAKARTA
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan harga seberapa besar pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen alfamart dan Indomaret. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan cara menyebarkan angket kepada kuesioner yang menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara masing-masing variabel independen yaitu kualitas pelayanan, harga dan variabel terikat yaitu loyalitas konsumen, serta terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variable kualitas pelayanan, harga secara bersama-sama terhadap loyalitas konsumen di Alfamart dan Indomaret Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta. Hasil yang diperoleh adalah bahwa kualitas pelayanan dan harga secara bersamaan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan koefisiensi deteminasi sebesar 39,6% untuk pelanggan alfamart, sedangkan untuk pelanggan indomart koefiensi determinasi sebesar 40,3%. Loyalitas pelanggan bisa diraih jika keinginan dan harapan pelanggan bisa dipenuhi. Keinginan dan harapan pelanggan tersebut bisa dilihat dari kualitas pelayanan yang ingin mereka peroleh serta harga produk atau jasa yang mesti pelanggan bayar. Dengan kualitas layanan yang prima dan harga yang sesuai maka loyalitas pelanggan bisa diraih.
Kata kunci : kualitas pelayanan, harga, loyalitas konsumen
ABSTRACT
This study aims to determine the impact of quality of service and price on customers’ loyalty of Alfamart and Indomaret. The method used is a quantitative approach by distributing questionnaires to the respondents using simple and multiple regression analysis. The results of this study are that there is a positive and partially significant effect between each independent variable, namely the service quality and the price, and the dependent variable, namely the customer’ loyalty. There is also a positive and significant influence between the service quality and the price simultaneously on the loyalty of customers of Alfamart and Indomaret, in Cibatu District, Purwakarta Regency. The results obtained are that service quality and price simultaneously affect consumer loyalty with a coefficient of determination of 39.6% for customers of Alfamart, while for customers of Indomaret is 40.3%. Customers’ loyalty can be achieved if the wishes and expectations of customers can be met. The desires and expectations of these customers can be seen from the quality of service they want to get and the price of the product or service that the customer must pay. With excellent service quality and appropriate prices, customers’ loyalty can be achieved.
Keywords : service quality, price, customers’ loyalty