PENGARUH PELATIHAN DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KUALITAS MENGAJAR GURU (Studi Kasus Terhadap Guru SMK Angkasa 1 Margahayu Lanud Sulaiman)
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelatihan dan pedagogik guru terhadap kualitas mengajar guru. Penelitian ini merupakan penelitian survei terbatas dengan populasi guru SMK Angkasa 1 Margahayu. Sampel penelitian menggunakan 40 guru SMK Angkasa 1 Margahayu.Penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh pelatihan terhadap kualitas mengajar guru dan untuk mengukur seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kualitas mengajar guru serta mengukur seberapa besar pengaruh pelatihan dan kompetensi pedagogik terhadap kualitas mengajar guru.Penelitian dilakukan di SMK Angkasa 1. Data dikumpulkan dengan teknik questioner menggunakan google form. serta dianalisis dengan teknik statistik Metoda penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan aplikasi Microsoft Excell 2013 dengan variabel bebas pelatihan dan kompetensi pedagogik, sedangkan variabel terikat kualitas mengajar guru.Instrumen statistik yang digunakan adalah analisis regresi dengan menggunakan uji validitas,uji reliabilitas, uji t dan uji f. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelatihan terhadap kualitas mengajar guru, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara pelatihan dan kompetensi pedagogik terhadap kualitas mengajar guru.
Kata Kunci : Pelatihan, kompetensi Pedagogik , Kualitas Mengajar
ABSTRACT
This study aims to examine the effect of teacher training and pedagogy on the quality of teacher teaching. This research is a limited survey research with a population of SMK Angkasa 1 Margahayu teachers. The research sample used 40 teachers at SMK Angkasa 1 Margahayu. This study also aims to measure how much influence training has on teacher teaching quality and to measure how much influence pedagogic competence has on teacher teaching quality and to measure how much influence training and pedagogic competence have on teacher teaching quality. The research was conducted at SMK Angkasa 1. Data was collected by using a questionnaire using google form. and analyzed by statistical techniques. The research method used is quantitative method using Microsoft Excel 2013 application with the independent variables training and pedagogic competence, while the dependent variable is teacher teaching quality. The statistical instrument used is regression analysis using validity test, reliability test, t test and test f. Based on the results of the study, it shows that there is a significant effect between training on the quality of teaching teachers, and there is a significant effect between training and pedagogic competence on the quality of teaching teachers.
Keywords: Training, Pedagogic competence, Teaching Quality