PENGARUH KUALITAS FUNGSIONAL, TEKNIS DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT KUNJUNGAN PASIEN
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Minat kunjungan pasien merupakan perilaku yang berkembang sebagai respon terhadap kualitas pelayanan, yang menunjukkan keinginan pasien untuk membeli kembali pelayanan yang telah dibeli sebelumnya. Perilakunya akan dipengaruhi oleh tingkat kepuasan atau ketidakpuasan pasien. Adapun faktor-faktor yang akan mempengaruhi kepuasan pasien, kualitas fungsional yang baik, kualitas teknis yang memuaskan, dan citra merek yang unik dan khas semuanya akan berperan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis gambaran, pengaruh, dan hubungan antara kualitas fungsional, kualitas teknis, dan citra merek terhadap keinginan pasien untuk berkunjung ke Granostic Diagnostic Center di Surabaya. Populasi penelitian ini adalah seribu orang. Cluster sampling dengan metode aksidental digunakan untuk mengumpulkan total sampel sebanyak 91 orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif. Analisis kuantitatif dan deskriptif digunakan sebagai metode penelitian. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda, uji-t, dan koefisien determinasi untuk analisis kuantitatif. Berdasarkan temuan penelitian, kualitas fungsional, kualitas teknis, dan citra merek mempengaruhi minat kunjungan pasien sebesar 67%, sedangkan sisanya sebesar 33% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang kurang komprehensif.
Kata Kunci : Kualitas Fungsional, Kualitas Teknis, Brand Image dan Minat Kunjungan.
ABSTRACT
Interest in patient visits is a behavior that develops in response to quality service, indicating the patient's desire to repurchase previously purchased services. His behavior will be influenced by the degree of patient satisfaction or dissatisfaction. As for the factors that will influence patient satisfaction, good functional quality, satisfactory technical quality, and a unique and distinctive brand image will all play a role. This study's objective was to determine and analyze the description, influence, and relationship between functional quality, technical quality, and brand image on patients' desire to visit the Granostic Diagnostic Center in Surabaya. The population of this study was one thousand individuals. Cluster sampling with the accidental method was used to collect a total sample of 91 individuals. This research consists of descriptive verification. Quantitative and descriptive analysis is employed as a research method. This study employs multiple linear regression, the t-test, and the coefficient of determination for quantitative analysis. According to the study's findings, functional quality, technical quality, and brand image influenced patient visit interest by 67%, while the remaining 33% was influenced by other variables or factors that were less comprehensive.
Keywords: Functional Quality, Technical Quality, Brand Image and Visit Interest