Evaluasi Keberhasilan Kinerja Aplikasi LPSE Menggunakan Metode EUCS Pada PT. Gunung Amal Solution International

Authors

  • Paskalina Peni Mudamakin Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya Author
  • Ifani Hariyanti Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya Author

Keywords:

Evaluasi, Kinerja, LPSE, EUCS, Aplikasi

Abstract

LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) merupakan penyedia pengoperasian TI mengakomodasi perolehan produk/layanan pemerintah, memungkinkan proses penyedia yang lebih transparan bagi pelanggan dan vendor, serta menghemat waktu dan biaya. Penelitian ini menganalisis keberhasilan kinerja Aplikasi LPSE mengadopsi metode EUCS yang terdiri dari lima parameter Independen (Keakuratan, Isi, Tampilan Kemudahan Pengguna, Ketepatan Waktu) dan satu variabel Dependen. Penelitian ini melibatkan 56 responden pengguna Aplikasi LPSE di PT. Gunung Amal Solution International. Dan sumber informasi dianalisis menggunakan versi 25 dari SPSS. Temuan analisis menunjukan bahwa variabel Akurasi, Format, Kemudahan pengguna, konten dan Ketepatan waktu mempunyai tingkat derajat korelasi sebesar 0,554 dalam kaitanya dengan pencapaian performa Aplikasi LPSE, as a result, the independent and dependent variables in this study have a strong relationship, with a large f value 5.649 skor keofisien determinasi (R2) setara dengan 55% sementara bagian lainya terpengaruh oleh elemen lain. Analisis secara simultan menunjukan dengan demikian, variabel Akurasi, konten, kemudahan pengguna, format dan ketepatan waktu memberikan pengaruh yang besar pada pencapain kinerja aplikasi  LPSE. Secara terpisah, Cuma variabel Timeliness yang memberikan dampak positife yang signifikan terhadap keberhasilan kinerja, sementara variabel format, Akurasi, Kemudahan pengguna, konten memberikan konsekuensi negatif yang berpengaruh besar terhadap keberhasilan kinerja Aplikasi LPSE.

References

[1] F. Nasher, “Perancangan Sistem Manajemen Keamanan Informasi Layanan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (Lpse) Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Cianjur Dengan Menggunakan Sni Iso/Iec 27001:2013,” Media J. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 1–16, 2020, doi: 10.35194/mji.v10i1.465.

[2] M. Sholeh, K. Widjajanti, and R. I. Lestari, “Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Implementation of good governance in the implementation of procurement of goods and services electronically in the Central Java,” vol. 16, no. 3, pp. 266– 279, 2024.

[3] M. N. Lumintang, V. A. J. Masinambow, and E. N. Walewangko, “Analisis Pelaksanaan Pengadaan Barang Dan Jasa Secara Elektronik (E-Procurement) Di Lpse Kabupaten Minahasa Tenggara,” J. Pembanguan Ekon. dan Keuang. Drh., vol. 21, no. 1, pp. 105–121, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jpekd/article/view/29224

[4] O. Rokhman et al., “ANALISIS KEPUASAN VENDOR TERHADAP KUALITAS WEBSITE LPSE : KASUS PADA PROYEK PT. JASA MARGA (PERSERO) TBK CABANG SURABAYA-GEMPOL ORYZA,” J. Berk. Epidemiol., vol. 5, no. 1, pp. 90–96, 2020, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/235085111.pdf%250Awebsite: http://www.kemkes.go.id%250Ahttp://www.yankes.kemkes.go.id/assets/downloa ds/PMK No. 57 Tahun 2013 tentang PTRM.pdf%250Ahttps://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/15242-profil- anak-indonesia_-201

[5] S. Nadjamuddin and M. Nawawi, “Evaluasi Penerapan Lpse Dalam Perspektif Good Governance,” J. Informatics, vol. 8, no. 1, pp. 67–76, 2020, [Online]. Available: http://www.lkpp.go.id/].

[6] F. Gusni, R. Gunawan, L. Setiyani, and Y. Rostiani, “Analisis kepuasan pengguna akhir PLN Mobile menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction),” Pros. Semin. Nas. Inov. dan Adopsi Teknol., vol. 3, no. 1, pp. 60– 71, 2023, doi: 10.35969/inotek.v3i1.302.

[7] Ardiansyah, Risnita, and M. S. Jailani, “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,” J. IHSAN J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2023, doi: 10.61104/ihsan.v1i2.57.

[8] S. Anastasya Gesya, R. Sipayung, E. J. Simarmata, and P. J. Silaban, “Hubungan Antara Konsep Diri dengan Hasil Belajar Siswa pada Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 1358–1362, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.547.

[9] S. E. Sabon and S. Susanti, “Analisis Keberhasilan Kinerja Aplikasi Sipp Menggunakan Metode EUCS Pada PT. Gunung Amal Solution International,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 145–151, 2020, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/203

[10] R. I. Biti and M. Ary, “Analisis Kepuasan Pengguna Information System DJP Online Dengan Metode EUCS di Telkomsigma,” eProsiding Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 67–73, 2021, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/530

Downloads

Published

2025-11-30