Analisis Keberhasilan Kinerja Aplikasi Sipp Menggunakan Metode EUCS Pada PT. Gunung Amal Solution International

Main Article Content

Stefania Ene Sabon
Sari Susanti

Abstract

 SIPP (Sistem informasi pelaporan peserta) merupakan suatu Aplikasi yang dibuat  oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk mempermudah proses pelaporan dan upah  tenaga kerja disetiap perusahaan. BPJS  Ketenagakerjaan adalah badan hukum publik bergerak dibidang asuransi berupa perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu yang penyelenggaraannya menggunakan mekanisme asuransi sosial. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis Keberhasilan kinerja Aplikasi SIPP menggunakan metode EUCS dengan lima variabel  bebas dan satu variabel terikat yaitu Content, Accuracy, Format, Ease Of Use, Timeliness. Penelitian dilakukan terhadap 50 responden yang  menggunakan Aplikasi SIPP pada PT. Gunung Amal Solution International. Metode pengolahan data SPSS 25. Hasil penelitian diperoleh analisis variabel Content, Accuracy, Format, Ease Of Use, Timeliness memiliki nilai  korelasi  sebesar  0,521  terhadap keberhasilan kinerja Aplikasi SIPP, artinya variabel  independen dan dependen dalam penelitian ini memiliki hubungan yang kuat, nilai F hitung sebesar 12,215 nilai R Square (R2) sebesar 52%  sedangkan  sisanya  dipengaruhi  faktor lain. Dari pengolahan data didapatkan hasil secara simultan, variabel Content, Accuracy, Format, Ease Of Use, Timeliness berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan kinerja Aplikasi  SIPP. Secara parsial, hanya variabel Content  yang  memiliki  pengaruh positif signifikan terhadap keberhasilan kinerja Aplikasi  SIPP,sedangkan variabel Accuracy, Format, Ease Of Use, Timeliness memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap keberhasilan kinerja Aplikasi  SIPP.

Article Details

Section
Articles

References

Bahari, A. F., & Basalamah, J. (2019). Analisis Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Customer Relationship Management Serta Dampaknya pada Kepuasan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Kota Makassar. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(1), 11–21. https://doi.org/10.33096/jmb.v6i1.155

Noviansyah, K. A., & Ibrahim, D. A. (2019). No Title. 17(Print 0216-9835; Online 2597-680X September), 203–222.

Nurjanah, D., Karim, A., & Fikry, M. (2018). BPJS DI RSUD ABDUL WAHAB SJAHRANIE. Ilmu Komunikasi, 6(4), 273–284.

Rahayu, S., Ilamsyah, & Putri, R. E. (2019). Rancang Bangun Sistem Pengarsipan Data Jaminan Peserta ( Studi Kasus Bpjs Ketenagakerjaan Cikokol Tangerang ). SIMIKA, 2(2), 1–12.

Rahmi, A. N., Supriatin, & Prabowo, D. (2019). EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI AMIKOM ONE MENGGUNAKAN METODE EUCS Abstraksi Tinjauan Pustaka. 2(1), 67–73.

Soebandhi, S., Aini, I. N., & Baktiono, A. (2017). Faktor Penentu Kualitas Layanan Dan Minat Untuk Melanjutkan Penggunaan Sistem Pelaporan Online. Jurnal Economia, 13(2), 128. https://doi.org/10.21831/economia.v13i2.14016