Analisis Kepuasan Pengguna Information System DJP Online Dengan Metode EUCS di Telkomsigma

Main Article Content

Rofina Ina Biti
Maxsi Ary

Abstract

DJP Online digunakan untuk memudahkan para wajib pajak dalam melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak.Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna aplikasi DJP Online dengan menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS). Variabel EUCS yang digunakan terdiri dari variable content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelima variabel tersebut memiliki nilai korelasi sebesar 0,638 dengan tingkat kepuasan pengguna aplikasi DJP Online. Sedangkan antar variable memiliki korelasi yang kuat (nilai F hitung sebesar 19,850 dan nilai R Square (R2) sebesar 63%), sedangkan 37% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil pengolahan data secara simultan diperoleh bahwa kelima variabel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan pengguna aplikasi DJP Online, sedangkan dari pengolahan data secara parsial diperoleh bahwa presisi variable accuracy yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan pengguna.

Article Details

Section
Articles

References

K. Wijaya and R. T. Prasetio, “Analisa dan Penerapan Sistem Informasi Penjualan Sparepart pada Bengkel JSL Majalaya,” POTENSI (eProsiding Sist. Informasi), vol. 2, no. 1, pp. 164–168, 2021, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/380.

A. Herliana and P. M. Rasyid, “Sistem Informasi Monitoring Pengembangan Software Pada Tahap,” J. Inform., no. 1, pp. 41–50, 2016.

C. D. E. Inscrição, “No ????????????????????? ?????????????????Title,” p. 2018, 2018.

A. Supriyatna and V. Maria, “Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 2, p. 88, 2018, doi: 10.23917/khif.v3i2.5264.

H. Husnurrosyidah, “Pengaruh E-Filing, E-Billing Dan E-Faktur Terhadap Kepatuhan Pajak Pada Bmt Se-Kabupaten Kudus,” J. Anal. Akunt. dan Perpajak., vol. 1, no. 1, pp. 97–106, 2017, doi: 10.25139/jaap.v1i1.99.

R. Anisa and D. Suprajitno, “Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing Bagi Wajib Pajak di Kebumen,” J. Ilm. Mhs. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 2, no. 4, pp. 595–609, 2020, doi: 10.32639/jimmba.v2i4.644.

S. E. Sabon and S. Susanti, “Analisis Keberhasilan Kinerja Aplikasi Sipp Menggunakan Metode EUCS Pada PT. Gunung Amal Solution International,” POTENSI (eProsiding Sist. Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 145–151, 2020, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/203.

S. Informasi, U. Amikom, and K. Kunci, “EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI AMIKOM ONE MENGGUNAKAN METODE EUCS Abstraksi Tinjauan Pustaka,” vol. 2, no. 1, pp. 67–73, 2019, [Online]. Available: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/INFOSJournal/article/view/2430.

R. D. S. Rizal Rachman, Nanang Hunaifi, “Analisa Kepuasan Pengguna Aplikasi E- Punten Kota Bandung Menggunakan Model Evaluasi Terintegrasi,” J. Responsif, vol. 2, no. 2, pp. 158–167, 2020.

V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 128–137, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.