PENGARUH KUALITAS SISTEM, INFORMASI, DAN LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) DI RSAU dr. M. HASSAN TOTO BOGOR

Main Article Content

Ngudiarto Ngudiarto
Purwadhi Purwadhi
Nining Handayani
Kahar Mulyani

Abstract

ABSTRAK


Teknologi informasi berkembang sangat pesat sehingga membawa dunia memasuki era baru lebih cepat dari yang pernah dibayangkan sebelumnya. Perkembangan teknologi informasi akan membantu manajemen dalam merumuskan strategi perusahaan untuk bersaing, salah satu penyebab utama era globalisasi yang datang lebih cepat dari dugaan semua pihak adalah karena pesatnya perkembangan teknologi informasi. Sistem informasi kesehatan adalah sekumpulan pengaturan yang meliputi data, informasi, indikator, prosedur, teknologi, perangkat, dan sumber daya manusia yang saling terkait dan dikelola secara terpadu untuk mengarahkan tindakan atau keputusan yang berguna dalam mendukung pembangunan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas sistem, informasi, dan layanan terhadap kepuasan pengguna SIMRS di RSAU dr. M.Hassan Toto Bogor. Populasi penelitian ini berjumlah 100 orang. Teknik penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan google form, melalui studi pendahuluan terhadap 30 orang. Jenis penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif, dengan rancangan Cross Sectional Study. Instrumen statistik yang digunakan adalah analisis one way ANOVA. Berdasarkan hasil penelitian, nilai uji-t > t tabel, dan nilai uji-F > F tabel. Kesimpulannya adalah ada pengaruh kualitas sistem, informasi, dan layanan terhadap kepuasan pengguna SIMRS di RSAU dr. M Hasan Toto.


Kata kunci : Kualitas sistem, informasi, layanan, kepuasan pengguna, SIMRS


 


ABSTRACT


Information technology is developing so fast that it has brought the world into a new era faster than ever imagined before. The development of information technology will assist management in formulating the company's strategy to compete, one of the main causes of the globalization era which is coming faster than all parties suspect is due to the rapid development of information technology. Health information system is a set of arrangements that include data, information, indicators, procedures, technology, devices, and human resources that are interrelated and managed in an integrated manner to direct useful actions or decisions in supporting health development. The purpose of this study was to determine how the quality of systems, information, and services affect the satisfaction of SIMRS users at RSAU dr. M. Hassan Toto Bogor. The population of this study amounted to 100 people. The research technique used is a questionnaire with google form, through a preliminary study of 30 people. This type of research is a quantitative analysis method, with a Cross Sectional Study design. The statistical instrument used is one way ANOVA analysis. Based on the results of the study, the value of the t-test > t table, and the value of the F-test > F table. The conclusion is that there is an effect of the quality of the system, information, and services on the satisfaction of SIMRS users at RSAU dr. M Hassan Toto.


Keywords: System, information, service quality, user satisfaction, SIMRS

Article Details

How to Cite
Ngudiarto, N., Purwadhi, P., Handayani, N., & Mulyani, K. (2023). PENGARUH KUALITAS SISTEM, INFORMASI, DAN LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) DI RSAU dr. M. HASSAN TOTO BOGOR. Prosiding Magister Manajemen ARS University , 1(-), 25-34. Retrieved from https://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pmm/article/view/1038
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)