MANAJEMEN STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS SA AL-ISTIQOMAH
Main Article Content
Abstract
Berhasil tidaknya mutu pendidikan dan pembelajaran di sekolah sangat dipengaruhi oleh kemampuan kepala sekolah dalam mengelola setiap komponen sekolah. Manajemen strategi sebagai suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh manajemen puncak bersama personel secara terus menerus, melalui manajemen strategi kepala sekolah harus mampu merumuskan dan menentukan strategi organisasi yang tepat agar organisasi yang bersangkutan mampu mempertahankan eksistensinya, Sekolah yang menggunakan strategi pengelolaan yang tepat akan mampu mewujudkan mutu pendidikan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs SA Al-Istiqomah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan mengambil lokasi penelitian di MTs SA Al-Istiqomah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs SA Al-Istiqomah melalui analisis SWOT yang terdiri dari analisis lingkungan internal dijadikan kekuatan dan kelemahan, analisis lingkungan eksternal dijadikan peluang dan ancaman. Implementasinya melalui program unggulan dan kelas bahasa Arab, program kurikulum, program kemahasiswaan, program hubungan masyarakat, program peningkatan mutu pendidik dan pendidikan serta program sarana dan prasarana. Evaluasi kepala sekolah adalah melakukan supervisi terhadap seluruh kegiatan, laporan pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran.
Kata Kunci: manajemen strategi, mutu pendidikan