PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP DI KECAMATAN BLANAKAN KABUPATEN SUBANG
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Motivasi adalah hal yang mendorong dan mendukung perilaku seseorang, sehingga orang tersebut bekerja giat dan antusias mencapai hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan disiplin kerja baik secara parsial maupun secara bersama – sama terhadap kinerja guru SMP yang ada di Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan penarikan sampel menggunakan teknik Proportional Cluster Random Sampling. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji – t dan uji – F dengan bantuan program SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi secara parsial terhadap kinerja guru dengan tingkat korelasi yang cukup kuat ditandai oleh koefisien korelasi 0,487. Disiplin kerja secara parsial berpengaruh terhadap kinerja guru dengan tingkat korelasi yang sangat kuat ditandai oleh koefisien korelasi 0,916. Motivasi dan disiplin kerja secara serempak berpengaruh terhadap kinerja guru dengan tingkat korelasi sangat kuat ditandai oleh koefisien korelasi 0,926. Motivasi dan displin kerja, keduanya perlu ditingkatkan dalam upaya meningkatkan kinerja guru
Kata kunci: motivasi kerja, disiplin kerja, kinerja guru
ABSTRACT
Motivation is the thing forces and supports human behaviour, in order to work hard and enthusiastically to achieve optimal results. The aim this study to analyse the impact of work motivation and discipline partially and simultaneously on the performance of the teachers of SMP in The District of Blanakan of The Regency of Subang. This research was carried out by using the quantitative approach and the proportional random sampling. Hypotheses were tested by the t – test and the F – test. The result of the research shows that the work motivation partially impacts the performance of the teachers with a fairly strong level of correlation by coefficient of 0.487, the work discipline partially impacts the performance of the teachers with a very strong level of correlation by coefficient of 0.916, the work motivation and discipline simultaneously impact on the performance of the teachers with a very strong level of correlation by coefficient of 0.926. The work motivation and discipline need to be increased in order to increase the performance of the teachers.
Keywords: the work motivation, work discipline, the performance of the teachers