PENGARUH CITRA RUMAH SAKIT DAN PELAYANAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT CAHYA KAWALUYAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra rumah sakit dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Cahya Kawaluyan. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah asosiatif kausal. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable citra rumah sakit dan kualitas pelayanan secara serempak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien yang berobat di Intalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Cahya Kawaluyan. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,352 berarti 35,2% menunjukkan bahwa variable kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh citra rumah sakit dan kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya 64,8% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Citra, Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Rumah Sakit
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine and analyze the effect of hospital image and service quality on the satisfaction of patients at the Emergency Unit Cahya Kawaluyan Hospital. This research is a type of causal associative research. The sampling technique in this study was accidental sampling. Data collection methods in this study are questionnaires. Data analysis method uses descriptive analysis method and multiple linear regression analysis. The results showed that the variables of hospital image and service quality simultaneously had a positive and significant effect on the satisfaction of outpatients at the Cahya Kawaluyan Hospital. The value of Adjusted R Square of 0,352 means that 35,2% indicates that the variable of patient satisfaction can be explained by the hospital image and quality of service. While the remaining 64,8% can be explained by other factors not examined in this study.
Keywords: Image, Service Quality, Satisfication, Hospital