PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN HARGA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK LOGAM MULIA DI PT. PEGADAIAN AREA BANDUNG 1

Main Article Content

Trigunawati Walapatra
Acep Rohendi
Yani Restiani Widjaja
Utang Jujur

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi dan harga terhadap penjualan logam mulia di PT. Pegadaian Area Bandung 1. Pendekatan Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data primer. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability yaitu teknik sampling insidental. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroksiditas, T-test, F-test, analisis korelasi, analisis regresi berganda, dan koefisien determinasi. Banyaknya populasi maupun sampel penelitian ini adalah sebanyak 100 pelanggan yang pernah membeli logam mulia di PT. Pegadaian Area Bandung 1. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa secara parsial bauran promosi dan harga berpengaruh terhadap penjualan produk logam mulia, dan secara simultan bauran promosi dan harga berpengaruh terhadap penjualan produk logam mulia di PT. Pegadaian Area Bandung 1.


Kata Kunci : Bauran Promosi, Harga, Penjualan


 


 


ABSTRACT


This study aims to determine the effect of the promotion mixes and price on sales of precious gold at PT. Pegadaian Area Bandung 1. Research approach used in this study is descriptive analysis and verification using primary data. The sampling technique used is non-probability, namely incidental sampling technique. Statistical analysis used in this study is the classical assumption test consisting of normality test, multicollinearity test, heteroxidity test, T-test, F-test, correlation analysis, multiple regression analysis, and coefficient of determination. The number of population and samples of this research are as many as 100 customers who have bought precious golds at PT. Pegadaian Bandung Area 1. Based on the results of research conducted, it can be seen that partially the promotion mixes and price affect sales of precious gold products, and simultaneously promotion mix and price affect sales of precious gold at PT. Pegadaian Bandung Area 1.   


Keywords: Promotional Mix, Price, Sales

Article Details

How to Cite
Walapatra , T. ., Rohendi, A., Widjaja, Y. R., & Jujur, U. . (2023). PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN HARGA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK LOGAM MULIA DI PT. PEGADAIAN AREA BANDUNG 1. Prosiding Magister Manajemen ARS University , 1(-), 85-94. Retrieved from http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pmm/article/view/1042
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)