Analisa dan Penerapan Sistem Informasi Penjualan Sparepart pada Bengkel J.S.L Majalaya

Main Article Content

Kiki Wijaya
Rizki Tri Prasetio

Abstract

Sistem informasi merupakan salah satu aspek penting dalam setiap perusahaan.  Pesatnya kemajuan teknologi sistem informasi sangat berdampak pada para pelaku usaha dalam meningkatkan produktifitas dan efesiensi kerja dalam usaha, perkemangan yang dihadapi oleh perusahaan untuk mencapai kemajuan perlu adanya peran serta teknologi informasi yang dapat mengelola aktifitas perkerjaan dan dapat membantu kelancaran transaksi dan pelayanan perusahaan. j.S.Lmajalaya bergerak di bidang jasa dan penjualan sparepart sepeda motor. Dengan dilakukan pengembangan aplikasi Point Of Sale berbasis web ini dapat memberikan efektifitas dalam kegiatan pekerjaan bagi pemilik dan karyawan. Pengembangan sistem aplikasi POS ini dibuat menggunakan metode prototyping dan menggunakan Framework CodeIgniter, bahasa pemrograman yang dipakai PHP, JavaScript, CSS, Visual Studio Code  dan penyimpanan basis data menggunakan MySQL. Pengujian pada sistem aplikasi ini menggunakan metode black-box testing. Skeanrio pengujian dibuat berdasarkan tiap fungsi yang terdapat pada sistem aplikasi. Dari hasil penelitian pengembangan sistem aplikasi ini dapat membantu bagi pengguna dalam melakukan pengelolaan data, memanajemen data dan transaksi penjualan serta data informasi yang dihasilkan menjadi akurat.

Article Details

Section
Articles

References

A, I. R., M, H. A., & A. A. (2016). Perancangan Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web pada Perusahaan Pergudangan. Seminar Nasional Teknoka Ft Uhamka, 1–11.

A. R., S. D., & S. M. (2017). Implementasi Point Of Sale Berbasis AHADPOS Untuk Sistem Informasi Akuntasi Penjualan (Pada Apotek Sidowaras Gemolong). Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, i Vol. 13.

Andrew, & S. H. (2019). Pengembangan Sitem Informasi Pengolahan Stok Barang Toko Dual Comm TanjungPinang Berbasis Client Server. Bangkit Indonesia. 2337–4055.

Hidayat, & Ari. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Point of Sale (POS) berbasis Web dengan Pemanfaatan Trigger pada Distribution Store CV. NMRQ. JustIN, , 2(1).

R. R. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Donor Darah Berbasis Web Pada Unit Transfusi Darah Kabupaten Sumedang. Jurnal Tekno Insentif, 13.

S. J., Imam, S. K., & Didik, W. E. (2015). Pembuatan aplikasi Point of sale cabang perusahaan torani menggunakan framework codeigniter. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(2338–0403), 449.

S. S., J. E., & R. R. (2017). Implementasi Framework Laravel Pada Aplikasi Pengolah Nilai Akademik Berbasis Web. JURNAL INFORMATIKA, 4.