STRATEGI MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN EXCELLENT SERVICE DI RUMAH SAKIT UMUM ST. RAFAEL MANGGARAI NTT

Main Article Content

Lidia Lika Hunggu Jawa
Purwadhi Purwadhi
Rian Andriani
R Oke Andikarya

Abstract

ABSTRAK


Rumah Sakit St. Rafael Cancar terus menerus membenah dan meningkatkan mutu pelayanannya. Hal ini menjadi sangat penting karena tujuan utama dari setiap rumah sakit adalah memberikan pelayanan untuk memperoleh kesehatan. Persoalan yang menjadi acuan utama dari penelitian ini adalah kurang primanya pelayanan di Rumah Sakit Cancar. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang tepat untuk meningkatkan Excellent service di rumah sakit. Penelitian ini adalah penelitian non exsperimental yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara obyektif tentang keadaan sebenarnya dari obyek yang diteliti. Hasil penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Umum St. Rafael menunjukkan manajemen dari kelima indikator yang digunakan untuk mengelola kualitas pelayanan kesehatan belum mampu dimaksimalkan. Kebaruan dari penelitian ini adalah menemukan penyebab tidak primanya pelayanan di Rimah Sakit St. Rafael dengan alat ukur komponen lima dimensi.


Kata kunci: Rumah sakit, Excellent service, kesehatan


 


ABSTRACT


St. Rafael Hospital of Cancar, continuously improves the quality of its services. This is very important because the main goal of every hospital is to provide services to obtain health. The problem that is the main reference for this research is the lack of excellent service at St. Rafael Hospital. So the purpose of this study is to find out the right strategy to improve excellent service in hospitals. This research is a descriptive non-experimental research with a qualitative approach that aims to provide an objective description of the actual situation of the object under study. The results of research conducted at St. Rafael Hospital, showed that the management of the five indicators used to manage the quality of health services had not been maximized. The novelty of this study is to find the causes of poor service at the St. Rafael Hospital, with a five-dimensional component meter.


Keywords: Hospital, Excellent service, Health

Article Details

How to Cite
Jawa, L. L. H. ., Purwadhi, P., Andriani, R., & Andikarya, R. O. (2023). STRATEGI MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN EXCELLENT SERVICE DI RUMAH SAKIT UMUM ST. RAFAEL MANGGARAI NTT. Prosiding Magister Manajemen ARS University , 1(-), 148-156. Retrieved from http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pmm/article/view/1048
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)