Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Android Menggunakan Metode Prototype (Studi Kasus: Strif Kafe)

Main Article Content

Rijaludin
Rizal Rachman

Abstract

Kemajuan teknologi di bidang usaha memberikan keuntungan dan kemudahan dalam penghematan waktu bagi para pengusaha dan tenaga kerja. Perkembangan teknologi khususnya Smartphone sudah sering dimanfaatkan oleh para pelaku usaha agar dapat mempermudah usahanya supaya berjalan dengan baik dan semakin berkembang. STRIF Kafe adalah kafe yang berada di Jalan. Raya Kaca-kaca No. 456, Cicalengka, Bandung, Jawa Barat. Dalam praktek pemesanan makanan dan minuman masih manual, dimana pelayan menghampiri pelanggan ke meja dan menuliskan pesanan dengan menggunakan kertas yang nantinya diserahkan ke kasir lalu kasir mencatat lagi dan diserahkan kedapur. Ini terkesan tidak efektif sehingga besar kemungkinan terjadi kekeliruan pesanan. Dalam pembangunan aplikasi ini penulis menggunakan Android Studio, untuk bahasa pemrograman nya adalah java, sedangkan database yang digunakan adalah Firebase. Metode penelitian yang untuk pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan studi pustaka, agar mempermudah pengumpulan data. Aplikasi sistem pemesanan makanan dan minuman ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang optimal dan mempermudah kinerja karyawan dalam operasional kerja. Sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan efektif.

Article Details

Section
Articles

References

E. Junianto and M. Z. Zuhdi, “Penerapan Metode Palette untuk Menentukan Warna Dominan dari Sebuah Gambar Berbasis Android,” J. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 61–72, 2018, doi: 10.31311/ji.v5i1.2740.

H. N. Lengkong, A. A. E. Sinsuw, and A. S. M. Lumenta, “Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile Gis Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps,” E-Journal Tek. Elektro Dan Komput., vol. 4, no. 2, pp. 18–25, 2015, doi: 10.35793/jtek.4.2.2015.6817.

R. Aulia and A. Zakir, “Pemanfaatan Teknologi Mobile untuk Pemesanan dan Pemrosesan Menu di Restaurant,” J. Teknol. dan Ilmu Komput. Prima, vol. 1, no. April 2018, pp. 58–65, 2019.

G. R. Paraya and R. Tanone, “Penerapan Firebase Realtime Database Pada Prototype Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 4, no. 3, pp. 397–406, 2018, doi: 10.28932/jutisi.v4i3.870.

Busran and W. Anggraini, “Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Berbasis Sistem Operasi Android (Studi Kasus: Pecel Lele Lela),” J. TEKNOIF, vol. 4, no. 1, pp. 57–66, 2016.

M. F. Yii, “Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan,” vol. 12, no. 1, pp. 1–6, 2019.

W. W. Widiyanto, “Analisa Metodologi Pengembangan Sistem Dengan Perbandingan Model Perangkat Lunak Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Waterfall Development Model, Model Prototype, Dan Model Rapid Application Development (Rad),” J. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 34–40, 2018, [Online]. Available: http://www.informa.poltekindonusa.ac.id/index.php/informa/article/view/34

Yogi and S. Topiq, “Aplikasi Platform Web Koperasi Simpan Pinjam Menggunakan Framework Laravel,” eProsiding Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 154–157, 2021.

H. W. Subakti, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pernafasan Pada Anak Dengan Metode Naive Bayes,” CESS (Journal Comput. …, vol. 2, no. 1, pp. 134–141, 2017, [Online]. Available: https://eprints.sinus.ac.id/378/

A. A. Sofyan, P. Puspitorini, and M. A. Yulianto, “Aplikasi Media Informasi Sekolah Berbasis SMS Gateway Dengan Metode SDLC ( System Development Life Cycle ),” J. Sisfotek Glob., vol. 6, no. 2, pp. 1–7, 2016.