Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Abjad di TK Pelangi Menggunakan Unity3D

Main Article Content

Egy Septi Mulyana
Rizki Tri Prasetio

Abstract

Pada saat ini metode belajar di Tk Pelangi untuk pengenalan huruf abjad menggunakan media permainan seperti gambar, kartu dan buku yang dimana cara pengucapan dan pelafalannya harus langsung dipraktikan oleh pendidik secara berulang – ulang sehingga belajar mengajar terasa sangat membosankan dan menjenuhkan Maka dari itu perlu dibuatkan media pembelajaran baru yang dapat menghasilkan kesempatan belajar yang baru bagi siswa di Tk Pelangi. Pembuatan dan perancangan aplikasi ini menggunakan metode Mulitimedia Development Life Cycle dan menggunakan C# sebagai bahasa pemogramannya. Media pembelajaran yang tercipta dapat membantu mengenalkan bentuk huruf sekaligus cara pengucapannya, dengan tampilan pembelajaran yang menarik serta mudah digunakan oleh anak, dan menjadi alat bantu belajar yang dapat digunakan kapanpun dimanapun oleh pendidik dan orang tua karna aplikasi dapat di pasang telepon genggam

Article Details

Section
Articles

References

B. D. Syaiful dan Z. Aswan, Strategi belajar mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

A. Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.

S. Arief, Media pendididkan, LPFE UI, 2003.

S. Anitah, Media Pembelajaran, Surakarta: Yuma Pustaka & FKIP UNS, 2010.

D. Soenjono, Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2003.

C. SEEFELDT dan B. A. Wasik, Pendidikan Anak Usia Dini : menyiapkan anak usia tiga, empat, dan lima tahun masuk sekolah, Jakarta: Indeks.

S. Saluky, “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web Dengan Menggunakan Wordpress Eduma,” 2016.

N. Rini dan Z. Syaiful, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK,” 2020.

N. Khoirun, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Gambar Pada Anak Kelompok A RA KM Miftahul Huda Pulosari,” 3026.

Y. Liza, J. Juju dan N. Z. Leni, “Implemintasi Multimedia Dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf Abjad Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD,” 2013.

R. T. Prasetio, A. Mubarok, Y. Ramdhani, E. Junianto, A. A. Rismayadi, I. F. Anshori dan S. Topiq, “Upaya peningkatan produktivitas UMKM melalui implementasi ICT pada look at hijab Bandung,” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 1, 2018.

A. Mubarok, D. Riana, R. Sanjaya, R. T. Prasetio, Y. Ramdhani, A. A. Rismayadi dan A. Herliana, “Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung,” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 1, 2018.

R. T. Prasetio, “Analisa Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Google Task di Lingkungan Akademik Menggunakan Metode TAM,” JURNAL RESPONSIF: Riset Sains & Informatika, pp. 65-74, 2020.

R. N. Anissa dan R. T. Prasetio, “Rancang Bangun Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Menggunakan Framework CodeIgniter,” Jurnal Responsif: Riset Sains & Informatika, vol. 3, no. 1, pp. 122-128, 2021.

R. T. Prasetio, Y. Ramdhani, I. F. Anshori, S. Hidayatulloh dan A. Mubarok, “Analisis Penerimaan Microsoft Office dengan Pendekatan Technology Acceptance Model pada Warga Desa Karyamukti Kecamatan Cililin,” Jurnal Abdimas BSI, vol. 1, no. 3, 2018.