Media Pembelajaran Makanan Hewan Berbasis Construct 3 di SDN Cikancung 3

Main Article Content

Tjahya Sofiana
Sari Susanti

Abstract

Sumber makanan hewan dikelompokkan ke dalam dua macam, yaitu yang berasal dari tumbuhan dan hewan lain. Pengenalan berbagai makanan hewan merupakan salah satu dari sub tema dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat Sekolah Dasar (SD). Penelitian kali ini dilakukan kepada guru dan siswa kelas 5 SDN Cikancung 3 yang memiliki kendala diantaranya yaitu guru kelas 5 SD merasa kurang maksimal ketika memaparkan materi sumber makanan hewan tanpa adanya simulasi dan menurunnya ketertarikan dan atusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran. Maka tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk membuat media pembelajaran makanan hewan berbasis Construct 3 dengan memanfaatkan metode waterfall. Pemilihan metode ini dikarenakan proses pengembangan model memiliki rangkaian alur kerja sistem yang jelas dan terukur dimana setiap tahap dikerjakan secara berurutan mulai dari atas hingga ke bawah, sehingga meminimalkan kemungkinan kesalahan yang akan terjadi. Hasil dari penelitian ini menunjukan guru kelas 5 menjadi lebih maksimal dalam mengenalkan materi sumber makanan hewan menggunakan simulasi objek hewan beserta makanannya dan meningkatnya ketertarikan juga minat belajar siswa untuk memahami materi sumber makanan hewan.

Article Details

Section
Articles

References

I. O. Wardani, “TA: Perancangan Tactile Book Klasifikasi Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Menggunakan Teknik Vektor Sebagai Media Pembelajaran Anak Tunanetra.” UNIVERSITAS DINAMIKA, 2020.

C. UMI, ARIF CERDAS UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS 5. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2020.

E. Ransun, “Penerapan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya.” FKIP UNPAS, 2016.

D. Anggraienie, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS,” 2016.

T. A. Setiawan, “MEDIA PEMBELAJARAN IPA MATERI PENGELOMPOKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF.” Universitas Duta Bangsa Surakarta, 2020.

F. G. Prasasti and H. Thamrin, “Media Pembelajaran IPA Materi Pengelompokan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2019.

M. Ridoi, Cara Mudah Membuat Game Edukasi dengan Construct 2: Tutorial sederhana Construct 2. 2016.

P. Sudibyo, “Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif,” in Seminar kelas Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Islam Universitas Sunan Kalijaga (hal. 1-9). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. Dipetik Desember, 2016, vol. 23, p. 2020.

M. Maisyaroh and M. Ramdhani, “Analisis Tingkat Kepuasananimasi Interaktif Game Arcade Guntei: Operasi Militer Pertama Angkatan Udara Indonesia,” Swabumi, vol. 5, no. 1, pp. 41–48, 2017.

A. Suryadi, “Perancangan aplikasi game edukasi menggunakan model waterfall,” J. Petik, vol. 3, no. 1, pp. 8–13, 2017.

S. Susanti, “Implementasi Pencarian Fulltext Menggunakan Algolia Pada E-Commerce,” vol. 1, no. 1, pp. 16–24, 2019.

M. M. H. Junaedi, S. Susanti, and A. Mubarok, “Penerapan Framework Laravel Pada Aplikasi Hris (Human Resource Information System),” J. Responsif, vol. 2, no. 2, pp. 176–183, 2020.

S. Susanti, E. Junianto, and R. Rachman, “Implementasi Framework Laravel Pada Aplikasi Pengolah Nilai Akademik Berbasis Web,” J. Inform. UBSI, vol. 4, no. 1, 2017.

M. R. N. Syamdaruna and Y. Ramdhani, “Implementasi Artificial Intelligence Pada Game The Great Maze Dengan Menggunakan Finite State Machine,” eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), vol. 2, no. 2, pp. 64–74, 2021.