Aplikasi Delivery Order Menggunakan Android dan Web di Coffee Shop Mountaingrounds

Main Article Content

Hildan Sidik
Yudi Ramdhani

Abstract

Bisnis kuliner saat ini sangat berkembang dengan luas, termasuk usaha Coffe Shop yang persaingannya semakin meningkat. Di masa pandemi sekarang masysarakat khususnya para pelanggan Coffee Shop, ruang geraknya dibatasi oleh program PPKM pemerintah. Sehingga tempat usaha kuliner dilarang untuk menyediakan layanan makan di tempat (dine-in) dan hanya memperbolehkan menggunakan layanan take-away. Aplikasi Delivey Order adalah salah satu solusi yang dapat dikembangkan dalam sebuah Coffee Shop, dimana para pelanggan yang ingin membeli tidak perlu keluar rumah, cukup dengan dirumah saja dapat memesan aneka makanan dan minuman favorit melalui aplikasi Delivery Order. Aplikasi Delivery Order yang dibangun penulis akan diterapkan pada Coffee Shop Mountaingrounds Ciwidey. Coffee Shop ini masih menggunakan aplikasi Whatsapp dalam sistem layanan pesan antarnya sehingga pelanggan cukup kesulitan dalam memillih makanan dan minumannya karena tidak adanya fitur katalog juga aplikasi pihak ketiga yang dapat memonopoli dari segi harga maupun promo. Aplikasi delivey order ini akan penulis buat dengan metode prototype, aplikasi berbasis Android bagi pelanggan dan aplikasi berbasis Web untuk admin Coffee Shop¬-nya. Aplikasi ini telah melewati pengujian black-box testing yang menunjukan aplikasi dapat sesuai kebutuhan. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi Delivery Order memudahkan admin dalam mengelola promo dan pesanan juga yang terpenting dapat memberi layanan ekstra bagi pelanggan.

Article Details

Section
Articles

References

Sulasno et al., LITERATUS JOURNAL: Volume 2 Nomor 1. Neolectura, 2020.

E. Evania, “Analisis kualitas pelayanan terhadap kedai kopi independen ‘JSL COFFEE,’” Podomoro University. Podomoro University, pp. 1–39, 2020, [Online]. Available: http://repository.podomorouniversity.ac.id/id/eprint/117.

M. Hamidah and G. Farell, “Perancangan Sistem Pelayanan Restoran Berbasis Web Mobile Menggunakan Framework Yii2,” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 12, no. 1, pp. 100–105, 2019.

W. Wiguna and T. Alawiyah, “Sistem Reservasi Paket Wisata Pelayaran Menggunakan Mobile Commerce di Kota Bandung,” J. VOI (Voice Informatics), vol. 8, no. 2, pp. 49–62, 2019.

R. B. Simanjuntak and W. Wiguna, “Aplikasi Video Creator Seremoni Pernikahan Berbasis Mobile di PT Inti Solusi Amanah,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 276–284, 2020.

W. Uriawan and H. Hidayat, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Ilmu Sharaf Dalam Tata Bahasa Arab Berbasis Android”. JURNAL ISTEK, vol. 10, no. 2, 2017

Amelia, L., Ramdhani, Y., and Susanti, S, Aplikasi Manajemen Biaya Operasional Teknisi Telekomonukasi Berbasis Android Pada Pt Multireka Utama. eProsiding Teknik Informatika, vol. 2 no. 1, pp. 366-375, 2021.

W. N. Alim and Y. Ramdhani, “Perancangan Aplikasi Document Management System Himpana Bandung Berbasis Web,” eProsiding Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 83–89, 2021.

Y. Ramdhani and R. Lantin, "Sistem Informasi Simpan Pinjam Berbasis Website Koperasi “Rikrik Gemi” Smkn 15 Bandung". Jurnal Informatika, vol. 3, no. 2, 2016.

N. Adi, and Y. Ramdhani. "Sistem Informasi Perpustakaan dengan Implementasi Model Waterfall." INFORMASI (Jurnal Inform. dan Sistem Inform.) vol. 13, no. 1, pp. 61-79, 2021.