Aplikasi Pemesanan Produk Berbasis Android Pada Konveksi Circular Indonesia

Main Article Content

Rachmawan M. Arief
Erfian Junianto

Abstract

Perkembangan inovasi yang sekarang berkembang sangat mempengaruhi kemajuan bisnis jual beli yang menuntut pemberian administrasi yang cepat, tepat dan cakap. Seperti yang terlihat oleh Konveksi Edaran Indonesia yang beralamat di Jl. Yudhawastu Pramuka IV No. VII Cicadas Kota Bandung. Dalam menjalankan bisnis konveksi, Circular Indonesia yang menjual kerangka bisnis masih tertinggal di belakang kemajuan-kemajuan inovatif saat ini. Misalnya, pembeli diharuskan mengirim paket barang yang harus dikirim oleh klien melalui WhatsApp, email dan kemudian konfirmasi melalui telepon, yang dapat memicu pertukaran berulang dan proses pembayaran yang sia-sia. Maka alasan penjelajahan ini adalah untuk merancang sebuah aplikasi permintaan barang konveksi berbasis android yang dapat mempermudah klien untuk melakukan pemesanan dengan pengaturan yang tepat, mengetahui seluk-beluk barang dan biaya serta proses angsuran yang produktif. Prosedur perbaikan kerangka kerja yang direkam sebagai hard copy proposisi ini menggunakan teknik model kaskade, bahasa pemrograman Java, konstruksi kumpulan data menggunakan Enity Relationship Diagram (ERD) dan memanfaatkan kerangka kumpulan data Firebase.

Article Details

Section
Articles

References

H. Kurniawan, “Sistem Informasi Pemesanan dan Produksi Pada Kabir Konveksi Berbasis Web,” pp. 1–9, 2017.

Badan Pusat Statistik, “Statistik Telekomunikasi Indonesia,” in Badan Pusat Statistik, 2019.

T. Sitepu, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan dan Penjualan Berbasis Web dan Android Pada Toko YT . Wall Interior,” Ranc. Bangun Apl. Pemesanan dan Penjualan Berbas. Web dan Android Pada Toko YT.Wall Inter., vol. 1, no. 1, pp. 816–828, 2020.

Tompoh, Steven, and Alicia, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Restoran Berbasis Android,” Ranc. Bangun Apl. Pemesanan Menu Makanan Restoran Berbas. Android, vol. 9, no. 1, pp. 1–9, 2016.

A. . Sitorus, “Sistem Iinformasi Konveksi Baju Medan Berbasis Website,” 2018.

M. Ramadhani, E. Rosely, and P. W. Wisnu, “Aplikasi Pemesanan Produk Konveksi Berbasis Web Pada Greens Production Bandung Web Based Application of Convection Product Booking At Greens Production Bandung,” vol. 5, no. 3, pp. 1994–2008, 2019.

Subianto, “Sistem informasi pemesanan pada bidang usaha jasa konveksi berbasis web,” pp. 109–115, 2019.

Sugiyono, “Metode Peneliian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,” Alfabeta, 2017.

U. Putro, Nurfatihi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Online Pada Perusahaan Konveksi CV. Alfisa,” 2015.

Syafnidawaty, “Metode Waterfall,” 2020. [Online]. Available: https://raharja.ac.id/2020/04/04/metode-waterfall/. [Accessed: 29-Jul-2021].

T. Rispradana, “Sistem informasi konveksi heart break screen printing demak dengan web framework menggunakan code igniter tugas akhir,” 2019.

V. O. Carvalho, “Left atrial volume and exercise capacity in adult heart transplant recipients,” J. Cardiothorac. Surg., vol. 6, no. 1, pp. 233–238, 2011.

S. R. Anjaryanti and Y. Ramdhani, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pembiayaan

Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process,” Jurnal Informatika, vol. 4, no. 1, 2017

H. Nalatissifa and Y. Ramdhani, “Sistem Penunjang Keputusan Menggunakan Metode Topsis Untuk Menentukan Kelayakan Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH),” MATRIK?: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, vol. 19, no. 2, pp. 246–256, May 2020, doi: 10.30812/matrik.v19i2.638.

L. Amelia, Y. Ramdhani, and S. Susanti, “Aplikasi Manajemen Biaya Operasional Teknisi Telekomonukasi Berbasis Android Pada Pt Multireka Utama,” eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), vol. 2, no. 1, pp. 366–375, 2021.