Aplikasi Android Permainan Number Quiz pada Sistem Bilangan di SDN Cikancung 1

Main Article Content

Indra Fasya Komara
Salman Topiq

Abstract

Angka biasanya suatu tanda yang digunakan untuk melambangkan bilangan. Konsep angka yang diajarkan di kelas awal akan menjadi pondasi bagi mereka untuk mempelajari konsep matematika lainnya. Aturan-aturan atau rumus-rumus matematika untuk menghitung pengukuran, pengurutan, dan penggolongan benda-benda dapat diketahui dengan menggunakan angka. Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cikancung 1 memberikan pengenalan materi angka suatu sistem bilangan pada mata pelajaran matematika bagi kelas 3. Tingkat pemahaman siswa di kelas 3 tidaklah sama, ada yang mudah mengerti saat diajarkan mengenal angka tapi ada juga yang sulit mengingatnya. Oleh karenanya, perlu suatu media pengenalan angka yang menarik bagi para siswa kelas 3 berjenis bilangan aritmatika. Maka tujuan dari penulisan skripsi ini yaitu membuat aplikasi permainan number quiz menggunakan pemrograman Android pada kelas 3 di SDN Cikancung 1. Hasilnya adalah aplikasi Number Quiz membantu murid meningkatkan pemahaman pada pejaran matematika, Guru tidak lagi membosankan ketika mengenalkan penamaan simbol angka Matematika dengan tampilan yang menarik beserta skornya, dan memperlancar penggunaan pada handphone guru Matematika, murid kelas III, dan orang tua murid di SDN Cikancung 1.

Article Details

Section
Articles

References

N. Isnawati, “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Asli Dengan Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas Ii Sdn 5 Sikur,” J. Transform. MANDALIKA e-ISSN 2745-5882, vol. 1, no. 2 Oktober, pp. 123–130, 2020.

F. R. Naki, “Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pengurangan Bilangan Asli Pada SIswa Kelas I SD Negeri 2 Telaga Biru,” Skripsi, vol. 1, no. 151414014, 2018.

T. K. Rachmawati, E. Farlina, W. Setya, and T. W. A, “Penggunaan Alat Peraga Timbangan pada Materi Bilangan Asli dan Kesetimbangan,” J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 3, no. 2, p. 63, 2019, doi: 10.30734/j- abdipamas.v3i2.645.

F. Priyatna and W. Wiguna, “Mobile Game Pembelajaran Matematika Dasar Menggunakan Construct 2 di SDN Sasaksaat,” eProsiding Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 218–227, 2021.

S. Syahroni and M. Nurfitriyanti, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika, Materi Bilangan pada Kelas 3 SD,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 7, no. 3, 2018, doi: 10.30998/formatif.v7i3.2237.

Y. Wiratomo, A. Karim, and T. Apriyanto, “Pengembangan film animasi matematika barisan dan deret bilangan kelas III SD menggunakan stop motion studio,” Pros. SENAMKU, vol. 1, pp. 141–152, 2018.

N. Umar and W. Wiguna, “Gamifikasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile di Sekolah Dasar Negeri Sindangmulya II,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 231–241, 2020.

E. Meilinda, “IMPLEMENTASI MODEL PROTOTYPE PADA SISTEM INFORMASI INVENTORY (STUDI KASUS: KANTOR UPT TIKP DINAS PENDIDIKAN KOTA PONTIANAK),” J. Khatulistiwa Inform., vol. 9, no. 1, 2021.

D. M. Setiawan and W. Wiguna, “Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Mobile Menggunakan Unity di TK Ryadlol Hasanah,” eProsiding Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 208–217, 2021.

A. P. Yudha and W. Wiguna, “Aplikasi Media Promosi Mobile Game 2D Simulasi Kosmetik Purbasari di PT GOC,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 398–406, 2020.

R. M. I. Darojatun and W. Wiguna, “Pengembangan Edutainment Huruf Hijaiyah Menggunakan Unity 2D Berbasis Mobile di RA Ash Shoffa,” POTENSI (eProsiding Sist. Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 70–79, 2020.

D. P. Alamsyah, Y. Ramdhani, S. R. Rhamadhan, and L. Susanti, “Application of IoT and Cloud Storage in Android-Based Smart Home Technology,” in 2021 7th International HCI and UX Conference in Indonesia (CHIuXiD), 2021, vol. 1, pp. 33–38. doi: 10.1109/CHIuXiD54398.2021.9650605.

A. Prayoga, Y. Ramdhani, A. Mubarok, and S. Topiq, “Pengukur Tingkat Kekeruhan Keasaman Dan Suhu Air Menggunakan Mikrokontroler Atmega328p Berbasis Android,” JURNAL INFORMATIKA, vol. 5, no. 2, pp. 248–254, 2018.

L. Amelia, Y. Ramdhani, and S. Susanti, “Aplikasi Manajemen Biaya Operasional Teknisi Telekomonukasi Berbasis Android Pada Pt Multireka Utama,” eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), vol. 2, no. 1, pp. 366–375, 2021.