Perancangan dan Pembangunan Aplikasi Kursus Bahasa Inggris Lunchat Berbasis Website Dengan Metode Agile

Main Article Content

Muhammad Harist Al Faruk
Wildan Khalifah Ardi
Regi Salam
Ignatius Wiseto Prasetyo Agung

Abstract

Bahasa Inggris merupakan skill yang sangat dibutuhkan untuk bersaing di era globalisasi yang pesat ini. Akan tetapi kesadaran masyarakat akan kemampuan berbahasa Inggris masih kurang, banyak masalah yang melatarbelakangi hal ini, mulai dari biaya kursus yang mahal, tempat kursus yang jauh, kurangnya platform untuk berlatih menggunakan kemampuannya dalam berbahasa Inggris. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian ini yang berfokus pada Perancangan dan Pembangunan Aplikasi Kursus Bahasa Inggris dengan metode pengembangan Agile yang mana dengan metode ini pengembang dapat melakukan perbaikan dan penambahan fitur sesuai kebutuhan. Terdapat tiga jenis pengguna dari website ini, yaitu Admin, Online Teacher/Mentor dan Students. Dalam proses desain aplikasi penulis mengunakan Unified Modeling Language (UML) dan Entity Relationship Diagram (ERD). Pada implementasinya digunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel 5.  Dalam pengoperasian aplikasi ini, dalam 3 bulan  pertama telah tercatat sejumlah 50 student dengan 30 student mengikuti kursus berbayar. Selain itu telah direkrut 7 Online Teacher serta 3 Mentor untuk mengajar dan berbagi pengalamannya dalam belajar dan menggunakan bahasa Inggris

Article Details

Section
Articles

References

Education First, "Indeks Kecakapan Bahasa Inggris EF," 2020. [Online]. Available: https://www.ef.co.id/epi/regions/asia/indonesia/.

Education Firts, "Education Advice : Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Masa Depan," 16 April 2020. [Online]. Available: https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/pentingnya-belajar-bahasa-inggris-untuk-masa-depan/.

T. W. Hendi Pratama, "Bahasa Inggris dan Kemajuan Bangsa," 27 April 2021. [Online]. Available: https://www.suaramerdeka.com/opini/pr-04167755/bahasa-inggris-dan-kemajuan-bangsa?page=all.

Y. I. Chandra, "PERANCANGAN APLIKASI RESEP MAKANAN TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN AGILE PROCESS DENGAN MODEL EXTREME PROGRAMMING BERBASIS ANDROID," Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIKOM), 2016.

J. S. e. a. Irsandi, "Sistem Informasi Pemasaran dengan Penerapan CRM (Customer Relationship Management) Berbasis Website menggunakan Metode Waterfall dan Agile," Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 2020.

I. K. Raharjana, Pengembangan Aplikasi Menggunakan Metode Agile, Yogyakarta: Deepublish, 2017.

M. T. Prihandoyo, "Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis web," Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), Vol.03, No.01, Januari 2018, 2018.

A. P. Safira, "Entity Relationship Diagram: Pengertian & Cara Membuatnya," 5 Febuari 2021. [Online]. Available: https://qwords.com/blog/pengertian-erd-dan-cara-membuatnya/.

A. H. Andromeda, "ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET BIS ANTAR KOTA ANTAR PROVINSI BERBASIS WEBSITE," Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Inovasi Informatika Volume I No 1 April 2016, 2016.

M. Hasna, "SINERGI KECAKAPAN BERBAHASA INDONESIA DAN BERBAHASA INGGRIS DI ERA GLOBAL," ResearchGate, 2019.

A. T. S. Abdurahman Fauzi, "PERANCANGAN APLIKASI IT HELPDESK BERBASIS," JURNAL RESPONSIF, No.1 Februari 2020, , vol. 2, p. 99~105, 2020.

W. N. Alim and Y. Ramdhani, “Perancangan Aplikasi Document Management System Himpana Bandung Berbasis Web,” eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), vol. 2, no. 1, pp. 83–89, 2021.

R. T. Prasetio, Y. Ramdhani, and D. P. Alamsyah, “Scrum Method in Help-desk Ticketing and Project Management System,” in 2021 3rd International Conference on Cybernetics and Intelligent System (ICORIS), 2021, pp. 1–6.

K. Lesmana and Y. Ramdhani, “PERANCANGAN HELPDESK TICKETING DAN PROJECT MANAGEMENT SYSTEM MENGGUNAKAN METODE SCRUM (STUDI KASUS: PT IHSAN SOLUSI INFORMATIKA),” eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), vol. 2, no. 1, pp. 75–82, 2021.