Analisis Penerimaan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Lunchat Menggunakan Metode TAM

Main Article Content

Regi Salam
Muhammad Harist Alfaruk
Wildan Khalifah Ardi
Ignatius Wiseto Prasetyo Agung

Abstract

Dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sudah berkembang pada saat ini serta banyaknya berbagai permasalahan yang ada di masyarakat tentang kurangnya kemampuan bahasa Inggris, maka aplikasi pembelajaran bahasa Inggris Lunchat ini dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan tingkat penerimaan pengguna aplikasi Lunchat menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Data tersebut diuji menggunakan uji statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas untuk uji coba instrumen penelitian, beserta uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi (R2) untuk menguji hipotesis-hipotesis yang telah dirumuskan, dan kemudian diproses dengan aplikasi SPSS versi 25. Penelitian dilakukan terhadap 28 responden pengguna Lunchat, dengan kuesioner yang berisi konstruk Persepsi kemanfaatan (perceived usefulness), Persepsi kemudahan pemakaian (perceived ease of use), Sikap Pengguna Terhadap Teknologi (Attitude Toward Using) dengan menggunakan skala Likert sebagai indikator pengujian hipotesisnya. Dari hasil pengujian hipotesis tersebut, terlihat bahwa aplikasi Lunchat sangat mudah untuk digunakan.

Article Details

Section
Articles

References

Ary, M. (2021). Technology Acceptance Model (TAM) dan Webqual untuk Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Mahasiswa Baru (SIM-PMB). Jurnal Tekno Insentif Vol. 15 No. 1, 43.

Farokhah, L., & Afiyah, S. N. (2016). Pengukuran Penerimaan Sistem Kartu Rencana Studi. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasia ASIA (JITIKA), 20-28.

Gunawan, B. (2020). Website E-Commerce Green Fresh Untuk UMKM Rumah Sayur Cisarua.

Handoko, Y. (2015). Analisa Perilaku User Dalam Penerimaan Dan Transaksi Online Pada Website Groupon DISDUS Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM).

KOMINFO. (2020, november 9). Retrieved from kominfo.go.id: https://www.kominfo.go.id/content/detail/30653/dirjen-ppi-survei-penetrasi-pengguna-internet-di-indonesia-bagian-penting-dari-transformasi-digital/0/berita_satker.

Maria, N. S., & Widayati, T. (2020). Dampak Perkembangan Ekonomi Digital Terhadap Perilaku. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 235-239.

Putro, B. E., & Santika, S. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan Aplikasi Seluler FSO Terhadap Kinerja Karyawan di PT Sugih Famili Putra. Jurnal Teknologi Vol. 12 No. 1, 65.

Wibowo, A. (2008). KAJIAN TENTANG PERILAKU PENGGUNA SISTEM INFORMASI DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM).

Widyanita, F. A. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Indonesia Pada Mahasiswa FE UII Pengguna Shopee

Yulia, A. (2011). Kedudukan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar dalam Dunia Pendidikan. DEIKSIS Vol. 03 No.04.