Perancangan Game Edukasi Pengenalan Wisata Pegunungan Indonesia dengan unity 3D Berbasis Android

Main Article Content

Linda Rahmawati
Ricky Firmansyah

Abstract

Wisata gunung merupakan salah  suatu perjalanan yang banyak diminati oleh seseorang atau kelompok salah satunya kekayaan alam yang dimiliki Indonesia ialah pegunungan . diantaranya termasuk gunung api aktif. yang terkenal hingga ke mancanegara Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak potensi dan sumber daya alam yang dikembangkan dan dimanfaatkaan Namun saat ini belum terdapatnya game yang mengedukasi memperkenalkan wisata pegunungan diindonesia . Maka dengan adanya Perancangan Game Edukasi Pengenalan Wisata Pegunungan Indonesia dengan unity 3D Berbasis Android, dapat memberikan beberapa informasi tentang tempat wisata gunung sambil bermain yang bisa menjadi hiburan bagi anak-anak dan tidak akan bosan karena dilengkapi dengan gambar, teks, audio yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi serta bisa mendaptakan pengetahuan dan penjelasan melalui informasi slide . metode yang digunakan adalah waterfall yang dilakukan secara berurutan dan pengaplikasiannya yang mudah. Hasil responden 89 % yang ditujukan kepada 32 orang.

Article Details

Section
Articles

References

wisataflowchatwaterflawsequnceesecaseactivity(Rahma & Pariwisata, 2020)Rahma, A. A., & Pariwisata, S. (2020). Jurnal Nasional Pariwisata. 12(April), 1–8.

Kiki Firmantoro, Anton, E. R. N. (2016). Animasi interaktif pengenalan hewan untuk pendidikan anak usia dini. ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, XIII(2), 14–22.

Julianto Simatupang, S. S. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET BUS PADA PO. HANDOYO BERBASIS ONLINE Julianto. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET BUS PADA PO. HANDOYO BERBASIS ONLINE Julianto, 3(2).

Rahma, A. A., & Pariwisata, S. (2020). Jurnal Nasional Pariwisata. 12(April), 1–8.

Sari, A. M., Lestari, R., Yani, D., & Bekasi, A. B. S. I. (2018). Pengenalan Objek Wisata di Pulau Jawa Menggunakan Perangkat Mobile. 1(3), 510–518.

Hardyana, S. E. (n.d.). PULAU INDONESIA BERBASIS ANDROID PADA TK KUPU-KUPU MUNGIL BEKASI. 8, 9–21.

Muh Riki Riztiandi, R. (2020). Muh Riki Riztiandi1. 54-64.

Muh Riki Riztiandi, R. (n.d.). Media Pembelajaran Game Edukasi Panca Indra Manusia Berbasis Android. Media Pembelajaran Game Edukasi Panca Indra Manusia Berbasis Android.

Sutariyani, S., Rachmatullah, R., & Prasetyowati, N. E. (2020). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kabupaten Karanganyar Berbasis Android. Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB, 26(2), 156. https://doi.org/10.36309/goi.v26i2.132

Studi, P., Komunikasi, D., Universitas, V., & Mulia, B. (2016). PERANCANGAN ILUSTRASI PADA CERITA BERGAMBAR BERJUDUL “LEGENDA GUNUNG SEMERU’ Henny. 5, 158–172.

Supriadi, B., & Malang, U. M. (2018). Seminar Nasional Pariwisata Dan 19 Maet. October.

L. Amelia, Y. Ramdhani, and S. Susanti, “Aplikasi Manajemen Biaya Operasional Teknisi Telekomonukasi Berbasis Android Pada Pt Multireka Utama,” eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), vol. 2, no. 1, pp. 366–375, 2021.

D. P. Alamsyah, Y. Ramdhani, S. R. Rhamadhan, and L. Susanti, “Application of IoT and Cloud Storage in Android-Based Smart Home Technology,” in 2021 7th International HCI and UX Conference in Indonesia (CHIuXiD), 2021, vol. 1, pp. 33–38. doi: 10.1109/CHIuXiD54398.2021.9650605.

M. R. N. Syamdaruna and Y. Ramdhani, “Implementasi Artificial Intelligence Pada Game The Great Maze Dengan Menggunakan Finite State Machine,” eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), vol. 2, no. 2, pp. 64–74, 2021.