Permainan 2D Penggolongan Jenis Hewan Berbasis Web di SDN Curugrendeng II

Main Article Content

Nyi Raden Wulan Agustina Purnamasari Kertadikusumah
Hendi Suhendi

Abstract

Hewan dapat digolongkan ke dalam berbagai jenis penggolongan seperti berdasarkan tempat hidupnya, jenis makanannya, cara bergerak, penutup tubuh, cara bernafas, hingga cara berkembang biaknya. Penggolongan jenis hewan merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dipelajari di SDN Curugrendeng II. Terbatasnya materi yang terdapat dalam buku pelajaran serta kurangnya kemampuan guru untuk menggambar hewan menyebabkan penyampaian materi pengenalan hewan tersebut menjadi kurang maksimal dan kurang menarik bagi para siswa. Sehingga diperlukan adanya alternatif media pembelajaran lain yang yang lebih interaktif dan menarik seperti game edukasi. Dengan adanya game edukasi diharapkan para siswa mampu memahami materi penggolongan jenis hewan yang terdapat dalam Permainan 2D Penggolongan Jenis Hewan Berbasis Web. Game edukasi penggolongan jenis hewan ini dibuat dengan Construct 2 dengan model penelitian dan pengembangan 4D yang memiliki 4 tahapan yaitu, tahap Define (Pendefinisian), tahap Design (Perancangan), tahap Development (Pengembangan), dan tahap Dissemination (Penyebarluasan). Berdasarkan pengujian menggunakan White Box Testing fungsi dan manfaat dari aplikasi Permainan 2D Penggolongan Jenis Hewan Berbasis Web sudah berhasil dan dapat dijadikan alternatif untuk mengenalkan penggolongan jenis hewan.

Article Details

Section
Articles

References

Jumanta, Buku Pintar Hewan. PT Elex Media Komputindo, 2020.

S. P. Sari, Mustain, and M. H. Wahyudi, “Media Pembelajaran Pengenalan Jenis Hewan Dengan Menggunakan Metode Puzzel Berbasis Android,” J-Tiies, vol. 1, no. 1, pp. 371–380, 2017.

M. Larasati, “PENGEMBANGAN MEDIA FILM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ANIMASI 2 DIMENSI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIAH.” Universitas Negeri Semarang, 2017.

T. A. Semara and A. A. G. Agung, “PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR,” Mimb. Ilmu, vol. 26, no. 1, 2021.

R. P. Purnama and Marsudi, “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Materi Metamorfosis Berbentuk Video Animasi Dua Dimensi Pada SDI Little Camel Mojokerto,” J. Seni Rupa, vol. 5, no. 3, pp. 433–454, 2017.

F. Priyatna and W. Wiguna, “Mobile Game Pembelajaran Matematika Dasar Menggunakan Construct 2,” eProsiding Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 218–227, 2020.

M. Ridoi, Cara mudah membuat game edukasi dengan Construct 2: tutorial sederhana Construct 2. Maskha, 2018.

D. M. Setiawan and W. Wiguna, “Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Mobile Menggunakan Unity di TK Ryadlol Hasanah,” eProsiding Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 208–217, 2021.

Sunardi, Sujito, S. Hartini, and S. Ramdhani, Membuat Multimedia Pembelajaran Berbasis Website, WFSD, Full. Bandung: Yramawidya, 2020.

V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 128–137, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.