PENGUJIAN CELAH KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER PT. JIONA SEJATI DENGAN NETWORK PENETRATION TESTING

Main Article Content

Sony F Maulana
Hendi Suhendi

Abstract

Perkembangan teknologi di era saat ini semakin berkembang pesat, sama halnya dengan perkembangan jaringan komputer. Dengan peran teknologi,penyampaian informasi menjadi semakin cepat, berkomunikasi tanpa dibatasi oleh jarak,ruang dan waktu. Adanya perkembangan teknologi tersebut, keamanan merupakan aspek yang perlu diwaspadai oleh setiap pihak yang memiliki skema terpusat, karena pembobolan, manipulasi, maupun kehilangan data dapat terjadi jika dilakukan oleh para hacker yang memang berniat mengambil data sensitif dari sebuah perusahaan. Perusahaan PT. JIONA SEJATI merupakan perusahaan yang bergerak dibidang kontruksi mekanikal dan elektrikal yang mempunyai data legalitas disimpan didalam komputer. Dengan adanya ketersediaan jaringan, baik melalui jaringan WLAN maupun LAN, maka perlu diperhatikan keamanannya dari para hacker. Dengan hanya menggunakan keamanan standar serta tidak adanya keamanan jaringan internet pada router maka pengguna umum dapat dengan mudah terhubung kedalam jaringan PT. JIONA SEJATI. Setelah dilakukan Analisa terhadap jaringan, arsitekrut jaringan,keamanan jaringan serta spesifikasi hardware dan software. Maka penambahan Mikrotik Routerboard untuk menunjang keamanan jaringan pada jaringan yang ada sangatlah berguna. Disamping mempunyai berbagai fitur keamanan, Mikrotik Routerboard juga digunakan untuk memanajemen jaringan agar tidak terjadi monopoli bandwidth antara divisi administrasi dengan divisi operasional. Sehingga penggunaan jaringan internet menjadi lebih aman dan juga lebih stabil.


 


Kata Kunci: Keamanan Jaringan, Mikrotik Routerboard, Hacker

Article Details

Section
Articles

References

Amarudin, U. F. (2018). Desain Keamanan Jaringan Pada Mikrotik Router OS Menggunakan Metode Port Knocking _ Amarudin _ Jurnal Teknoinfo.pdf.

Bayu, I. K., Yamin, M., & Aksara, L. F. (2017). Analisa Keamanan Jaringan Wlan Dengan Metode Penetration Testing (Studi Kasus: Laboratorium Sistem Informasi dan Programming Teknik Informatika UHO. SemanTIK, 3(2), 69–78.

Hussain, M. Z., Hasan, M. Z., Taimoor, M., Chughtai, A., Taimoor, M., & Chughtai, A. (2017). Penetration Testing In System Administration. International Journal of Scientific & Technology Research, 6(6), 275–278. http://www.ijstr.org/final-print/june2017/Penetration-Testing-In-System-Administration.pdf

Parningotan, P. (2018). Analisis Network Security Snort Menggunakan Metode Intrusion Detection System (Ids) Untuk Optimasi Keamanan Jaringan Komputer. JURSIMA Jurnal, 6(1).

Pujiarto, B., Utami, E., & Sudarmawan, S. (2013). Evaluasi Keamanan Wireless Local Area Network Menggunakan Metode Penetration Testing (Kasus?: Universitas Muhammadiyah Magelang). Data Manajemen Dan Teknologi Informasi (DASI), 14(2), 16.

Tarigan, B. V., Kusyanti, A., & Yahya, W. (2017). Analisis Perbandingan Penetration Testing Tool Untuk Aplikasi Web. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(3), 206–214.

Verawardina, U. (2018). Analisis Perbedaan Peformance dan Quality Of Service ( Qos ) Antara Eigrp dengan Ospf ( Studi Kasus Menggunakan 6 Router Melalui GNS 3 dan Wireshark ). 2(1), 10–19.

W, Y., Riadi, I., & Yudhana, A. (2016). Analisis Keamanan Webserver Menggunakan Metode Penetrasi Testing. Annual Research Seminar, 2(1), 300–304.