PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN POSYANDU DI KECAMATAN BATUNUNGGAL KABUPATEN BANDUNG BERBASIS WEB

Main Article Content

Tresya Yanuar Heryanto
Nanang Hunaifi

Abstract

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang dilakukan oleh, dari dan untuk masyarakat. Pelayanan kesehatan terpadu (yandu) adalah bentuk suatu keterpaduan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerja Puskesmas. Tempat pelaksanaan pelayanan program terpadu tersebut diselenggarakan dibalai desa, balai kelurahan, RT, RW dan sebagainya. Tetapi dalam pelaksanaan Posyandu di kecamatan Batununggal, laporan kegiatan Posyandu masih dalam bentuk laporan kertas (buku) dan data yang ada di dalam Laporan Posyandu adalah hasil hitung manual yang dilakukan oleh seluruh petugas posyandu. Dalam penulisan laporan secara manual, dapat terjadi kesalahan penghitungan data yang menyebabkan informasi kesehatan pada daerah Batununggal menjadi tidak akurat dan tidak falit. Hal tersebut yang melatar belakangi penulis untuk mengembangkan sebuah Sistem Informasi manajemen Posyandu Berbasis Web. Pada penelitian ini digunakan juga framework Laravel untuk mengolah laporan posyandu. Sistem Informasi Geografis Posyandu Berbasis Web dapat mengelola profil balita, data ibu hamil, data bayi, data imunisasi, imunisasi bayi dan data vitamin.

Article Details

Section
Articles

References

Booch, Grady, James Rumbaugh dan Ivar Jacobson. 2007. The Unified Modeling Language User Guide. Canada : Addisan Wesley Longman, Inc.

Connolly, Thomas M dan Carolyn E. Begg. 2005. Database Systems : A practical approach to design, implementation, and management. USA : Pearson Education Limited.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu.

Jakarta : Departemen Kesehatan

Edy, Winarno, Ali Zaki, dan SmitDev Community. 2014. Pemrograman web berbasis HTML 5, PHP, & JavaScript. Jakarta: PT Gramedia.

Gistut. 2010. Sistem Informasi Geografis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Gould, Howard. 2016. System Analysis and Design. Denmark : Bookboon.

Kadir, Abdul. 2013. Buku Pintar Programmer Pemula PHP. Yogyakarta: Mediakom.

Madcoms. 2010. Kupas Tuntas Adobe Dreamweaver CS5 Dengan Pemrograman PHP & MySQL. Yogyakarta : Andi.

Marthasari, Gita Indah, Aminudin, dan Yuda Munarko. 2010. Implementasi Web Service Untuk Mendukung Interoperabilitas Pada Aplikasi E-Commerce. Malang: Universitas

Muhammadiyah Malang.

Pardede, Jasman, Uunk Ungkawa, dan Adil Kurnia Ramdan . 2013. Implementasi Web Service Composite (Studi Kasus Aplikasi Pariwisata). Bandung : Itenas Bandung.

Suryana. 2014. Aplikasi Internet Menggunakan Html, Css, dan Javascript. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Suseno, Adam. 2012. Penggunaan Quantum GIS Dalam Sistem Informasi Manajemen. Informatika : Bandung.

Naja, Farah. 2010. Rancang Bangun Perangkat Lunak Aplikasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Service-Oriented Architecture.