Aplikasi Manajemen Keuangan Berbasis Android Dengan Fitur Reminder Dan Push Notification

Main Article Content

Daniel Uzairi
Ina Najiyah

Abstract

 Sikap konsumtif pada masyarakat menyebabkan pengelolaan keuangan menjadi suatu yang tidak mudah, selain kurangnya pengetahuan dalam mengelola keuangan pribadi, masyarakat masih banyak yang belum bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Tentunya masih banyak faktor lain yang membuat masyarakat menjadi konsumtif seperti kemudahan berbelanja, pengaruh budaya, meniru public figure, media massa, internet dan masih banyak lagi. Masyarakat tidak dapat merencanakan dan mengendalikan keuangan untuk mencapai tujuan individu mereka sehingga manajemen keuangan sangat dibutuhkan saat ini. Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi manajemen keuangan berbasis android dengan fitur reminder dan push notification menggunakan bahasa pemrograman java. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan metode SDLC model waterfall dan firebase sebagai media penyimpanan data. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi manajemen keuangan berbasis android yang dapat mudah digunakan dimana saja tidak terbatas oleh waktu dan tempat serta untuk membantu masyarakat dalam melakukan pengelolaan dan perencanaan dalam memanajemen keuangannya sebagai wujud pemecahan masalah perilaku konsumtif di masyarakat.

Article Details

Section
Articles

References

BPS, "Pengaruh Globalisasi Ekonomi

Terhadap Bisnis Indonesia," 2019. [Online]. Available: https://www.linovhr.com/globalisasi-ekonomi/. [2]

N. W. Utami, "Jurnal Entrepreneur," 2019.

[Online]. Available:

https://www.jurnal.id/id/blog/pembukuan-manual-vs-software-akuntansi/. [Accessed 1 Mei 2020]. [3]

Zahir, "Zahir Blog," 2017. [Online]. Available:

https://zahiraccounting.com/id/blog/perbandingan-pencatatan-penjualan-secara-manual-dengan-aplikasi-penjualan/. [Accessed 1 Mei 2020].

S. H. Darwis Arifin, "Perancangan aplikasi

manajemen keuangan pribadi berbasis android," Perancangan aplikasi manajemen keuangan pribadi berbasis android, p. 1, 2019.

U. D. Arni, "Garuda Cyber," 2019. [Online].

Available: https://garudacyber.co.id/artikel/1471-pengertian-uml-dan-komponen-uml. [Accessed 4 Mei 2020].