PERANCANGAN SMART HOME SYSTEM DENGAN KONTROL SUARA DARI SMARTPHONE MENGGUNAKAN BLUETOOTH

Main Article Content

Olandina Laura Sally
Asti Herliana

Abstract

Smart home atau rumah pintar merupakan suatu sistem yang dilengkapi dengan teknologi tinggi yang diimplementasikan pada sistem dan perangkat rumah dengan menggunakan sistem kontrol terpusat yang dapat berkomunikasi satu sama lain. Dengan  smart home, pengguna memperoleh beberapa manfaat seperti kenyamanan yang lebih baik, keselamatan, keamanan yang lebih terjamin dan menghemat penggunaan energi listrik serta dapat mengontrol perangkat elektronik dari dalam maupun dari luar rumah. Berbeda dari smart home¸ rumah yang ada saat ini rata-rata masih menggunakan teknologi manual dalam pengoperasian kelengkapannya seperti, masih menggunakan saklar untuk mematikan atau menghidupkan lampu, menutup atau membuka pintu gerbang masih membutuhkan waktu dan tenaga. Hal ini mengakibatkan pemborosan energi listrik dan gas yang bocor dapat mengakibatkan kebakaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka direalisasikan sistem kendali jarak jauh yang dapat mengendalikan peralatan elektronik dengan memanfaatkan media bluetooth sebagai penghubung dan suara sebagai perintah untuk menggantikan remote universal menggunakan aplikasi smart light gate agar mempermudah pengguna mengendalikan perangkat elektronik. Metode yang digunakan terdiri dari tahap perencanaan analisa, pengumpulan data, pengembangan sistem dan penerapan sistem. Mikrokontroler arduino mega 2560 sebagai kontrol utama dan smartphone android sebagai media masukan suara melalui aplikasi smart light gate. Dari hasil pembahasan diperoleh bahwa alat dan aplikasi yang dibuat bekerja sesuai fungsi dan perintahnya masing-masing. Motor servo dengan putaran 180 derajat untuk membuka gerbang dan 177 derajat untuk menutup gerbang, jangkauan bluetooth maksimal 5 meter dengan dan tanpa penghalang, buzzer yang terhubung dengan sensor MQ2 MQ-2 berfungsi sebagai alarm peringatan jika terdeteksi asap dan gas.

Article Details

Section
Articles

References

Aqbar, M. H. (2018). Rancang Bangun Pintu Geser Otomatis. 19(2), 243–252.

Mandari, Y., Pangaribowo, T., Studi, P., Elektro, T., Teknik, F., & Buana, U. M. (2016). RANCANG BANGUN SISTEM ROBOT PENYORTIR BENDA PADAT. 7(2), 106–113.

Masykur, F., Prasetiyowati, F., Studi, P., Informatika, T., Ponorogo, U. M., & Pi, R. (2016). APLIKASI RUMAH PINTAR ( SMART HOME ) PENGENDALI PERALATAN. 3(1), 51–58.

Nugroho, P. A., Romi, L., Jurusan, D., Komputer, S., Jurusan, A., & Komputer, S. (2017). Sistem Kontrol Lampu Rumah Pintar Berbasis Arduino Uno Yang Dikendalikan Dengan Smartphone Android. II(September), 58–75.

Rochman, H. A., Primananda, R., & Nurwasito, H. (2017). Sistem Kendali Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Protokol MQTT pada Smarthome. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(6), 445–455. http://j-ptiik.ub.ac.id

Sadewo, A. D. B., Widasari, E. R., & Muttaqin, A. (2017). Perancangan Pengendali Rumah menggunakan Smartphone Android dengan Konektivitas Bluetooth. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(5), 415–425.

Sujana, A. (2018). Aplikasi Monitoring Data Wireless Sensor Network Untuk Deteksi Dini Potensi Kebakaran Berbasis Android. Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala, 13(2), 83–99.

Wahyudi, A., & Agoes, S. (2016). Implementasi Otomatisasi Mesin Grating Menggunakan Mikrokontroler Arduino Mega 2560. Tesla| Vol. 18 | No. 2 | Oktober 2016, 18(2), 177–187.