Aplikasi Logo Maker Berbasis Mobile di PT Sinar Mandiri Perdana

Main Article Content

Nana Suryana
Wildan Wiguna

Abstract

Terciptanya logo merupakan interpretasi visual dari suatu merek yang melambangkan sponsor. Suatu logo mengidentifikasi kehadiran perusahaan dan menciptakan identitas yang ditujukan terhadap target orientasi. Logo yaitu komponen penting untuk membangun brand suatu perusahaan dan harus tampak nyata. Banyak designer yang lebih suka bereksperimen melalui bentuk daripada membuat penelitian yang bersifat tekstual. Begitu juga jasa pembuatan desain logo pada PT Sinar Mandiri Perdana yang menugaskan PIC serta R&D dalam merepresentasikan langsung desain logo kepada para kliennya. Namun calon klien dari perusahaan tersebut mengalami kesulitan ketika ingin menyampaikan representasi dari ide dan konsep desain logo brand yang diinginkannya. Kemudian tidak adanya fasilitas bagi PIC maupun R&D dalam menunjukkan referensi dan ilustrasi draft logo dengan sketsa kasar kepada kliennya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membangun suatu aplikasi logo maker berbasis mobile di PT Sinar Mandiri Perdana. Hasil dari penelitian ini mampu memudahkan penyampaian representasi ide dan konsep desain logo yang diinginkan oleh calon klien kepada PIC serta R&D. Terlaksananya representasi ini difasilitasi dengan adanya aplikasi mobile yang menghadirkan fitur ilustrasi draft logo. Aplikasi logo maker tersebut berhasil dibangun menggunakan pemrograman Android dan diimplementasikan pada divisi desain yang khususnya digunakan oleh PIC di PT Sinar Mandiri Perdana.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Nana Suryana, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Program Studi Teknik Informatika

Wildan Wiguna, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Program Studi Sistem Informasi

References

Andrew, C. O. (2019). Applied agricultural research: Foundations and methodology. Routledge.

Balango, A., Risnanto, S., Mauliana, P., & Wiguna, W. (2020). APLIKASI SELEKSI PEMASOK KONSTRUKSI MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT BERBASIS MOBILE DI PT BINARTHAMA KHARISMA. Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi Dan Elektronika, 5(1), 1–10.

Elrefaei, L. A., Omar Al-musawa, M., & Abdullah Al-gohany, N. (2017). Development of an Android Application for Object Detection Based on Color, Shape or Local Features. The International Journal of Multimedia & Its Applications, 9(1), 21–30. https://doi.org/10.5121/ijma.2017.9103

Hariyanti, I., & Wiguna, W. (2019). Perbandingan Metode Weighted Product dengan Simple Additive Weighting untuk Evaluasi Kinerja Kasir. JURNAL RESPONSIF: Riset Sains & Informatika, 1(1), 33–45.

Hendratman, H. (2017). Computer Graphic Design: Warna, Layout, Teks, Logo, Ilustrasi, Efek, Produksi, WPAP (p. 499). Jakarta: Informatika. https://books.google.co.id/books?id=sRlbDwAAQBAJ&pg=PA499&dq=pictograph+adalah&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwignqK48qrlAhWCbysKHSEKDU4Q6AEIMTAB#v=onepage&q=pictograph adalah&f=false

Koswara, F. F., & Wiguna, W. (2018). Aplikasi Sistem Informasi Geografis (Sig) Menggunakan Algoritma A* Untuk Mencari Lokasi Puskesmas Terdekat Berbasis Android Di Kota Bandung. Simnasiptek 2015, 1(1), 1-7.

Mauliana, P., Wiguna, W., & Widyaman, D. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Pramuniaga Toserba Yogya Ciwalk Menggunakan Metode Weighted Product. Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika, 3(2), 85-94.

Mirawati, M., Hikmah, A. B., & Wiguna, W. (2018). Sistem Penunjang Keputusan Penilaian Kinerja Kasir Lotte Mart Menggunakan Metode Weighted Product. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 3(2).

Phakiti, A., De Costa, P., Plonsky, L., & Starfield, S. (2018). The Palgrave handbook of applied linguistics research methodology. Springer.

White, A. W. (2017). The Elements of Logo Design: Design Thinking, Branding, Making Marks.

Wiguna, W., & Alawiyah, T. (2019). Sistem Reservasi Paket Wisata Pelayaran Menggunakan Mobile Commerce di Kota Bandung. Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 8(2), 49–62.

Wiguna, W., Mauliana, P., & Permana, A. Y. (2020). Pengembangan E-Helpdesk Support System Berbasis Web di PT Akur Pratama. JURNAL RESPONSIF: Riset Sains & Informatika, 2(1), 19–29.

Wiguna, W., & Riana, D. (2020). DIAGNOSIS OF CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) SURVEILLANCE USING C4. 5 ALGORITHM. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 16(1), 71-80.

Wright, B., & Wallis, S. E. (2019). Practical mapping for applied research and program evaluation. SAGE Publications.

Yuliana, N., & Wiguna, W. (2016). Sistem Delivery Order Makanan Menggunakan Metode Composite Performance Index (CPI) Berbasis Android Pada Steak Hotel By Holycow Bandung. Simnasiptek 2016, 1(1), 122-128.

Yulianti, A., Akbar, T., & Syukur, A. (2019). Aplikasi Sticker Motor Scoopy Berbasis Android (Studi Kasus CV. Upgrade Graphic Design). It Journal Research and Development, 3(2), 96–105. https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol3(2).1049