PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET PEMINJAMAN BARANG BERBASIS WEB PADA PT MOTION

Main Article Content

Rijzin Septiawan
Ricky Firmansyah

Abstract

PT Mobile Solution (MOTION) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang IT, pengolahan data aset pada perusahaan ini seperti pencatatan aset, maupun masalah peminjaman barang, seperti ketersediaan barang dan laporan peminjaman barang. Dalam proses pelaksanaannya hal-hal tersebut masih dilakukan dengan cara manual. Hal tersebut di nilai kurang efisien dan memerlukan penyimpanan yang lebih besar karena data masih berupa pencatatan kedalam Microsoft Excel. Akan lebih efektif dan efisien apabila petugas aset dapat mengetahui data-data mengenai aset dan peminjaman barang hanya dengan mengakses web applications. Berdasarkan keadaan tersebut maka dibuatlah sistem informasi manajemen aset peminjaman berbasis web. Teknik pengembangan sistem yang digunakan untuk merancang sistem informasi manajemen aset adalah metode Rational Unified Process (RUP) dengan bahasa pemodelan Unified Modelling Language (UML). Dengan sistem ini maka sistem pencatatan aset dan peminjaman barang dapat berjalan lebih baik lagi dan hasilnya didokumentasikan secara paperless.

Article Details

Section
Articles

References

Ariska, Jery, M. Jazman. (2016). Program Studi, Sistem Informasi, Fakultas Sains, Universitas Islam, Negeri Sultan, and Syarif Kasim. Sekolah Menggunakan Teknik Labelling Qr Code ( Studi Kasus?: Man 2 Model Pekanbaru ). Vol.2, No.2, 127–136.

Destiningrum, Mara, and Qadhli Jafar Adrian. 2017. Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). ISSN: 1693-0010. Bandar Lampung. Jurnal Teknoinfo Vol.11, No.2 2017: 30.

Raharjo, Andre. (2018). Pengertian RUP (Rational Unified Process). (https://medium.com/@andrerahardjo/pengertian-rup-rational-unified-process-1bec9c664458).

Warsito, Ary Budi, Muhamad Yusup, and Moh. Iqbal Awi Makaram. (2015). Perancangan Sis+ Menggunakan Metode Yii Framework Pada Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal Vol.8, No.2:24–33.

Yaakub, Saleh, and Joni Devitra. (2017). Manajemen Aset Berbasis Web Pada Politeknik Jambi. Vol.2, No.3:610–628.

Yunita, Irma, and Joni Devitra. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Pada Smk Negeri 4 Kota Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi Vol.2, No.1:278–294.