Rancang Bangun Sistem Pakar Tes Psikologi Kepribadian Dengan Metode Certainty Factor

Main Article Content

Saman Supriadi
Ign. Wiseto Prasetyo Agung

Abstract

Di era digital seperti sekarang penggunaan sistem secara digital sudah menjadi hal yang umum dan memiliki banyak kelebihannya jika dibandingkan dengan penggunaan sistem secara manual. Dengan sistem yang terdigitalisasi proses menjadi lebih efisien, mengurangi biaya, memangkas waktu proses, mengurangi kemungkinan terjadinya human error, dan mempermudah suatu pekerjaan dikarenakan proses komputasi atau pekerjaan sebagian besar oleh mesin atau sistem.Berbagai proses bidang seperti bisnis, kesehatan, permainan, pendidikan, psikologi yang tadinya dijalankan secara manual di era digital seperti sekarang sudah mulai menerapkan sistematisasi untuk menunjang kegiatan proses agar didapat hasil yang lebih efisien dan maksimal. Di antara pelbagai bidang di antaranya psikologi, yang juga dapat menerapkan digitalisasi dalam prosesnya.Penelitian ini bertujuan agar tes psikologi dapat dilakukan secara online dan tersistem yang nantinya akan membantu psikolog atau HRD dalam pengambilan keputusan secara relatif lebih cepat dibanding dengan cara manual, sehingga harapan nya dapat memaksimal kan kinerja psikolog atau HRD yang mana resource psikolog atau HRD ini sangat terbatas keberadaannya di suatu perusahaan atau instansi dan juga meminimalisir biaya untuk pelaksanaan tes psikologi ini. Oleh karenanya di butuhkan sebuah sistem pakar yang dapat membantu HRD untuk proses tes psikologi secara online yang tersistemasi dan terdigitalisasi sehingga proses tes psikologi akan berjalan secara efisein, Dari hasil perancangan sistem pakar tes psikologi berbasis web di dapat tingkat akurasi dari sistem pakar ada sebesar 90%.

Article Details

Section
Articles

References

A. H. Aji, M. Tanzil Furqon, and A. W. Widodo, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ibu Hamil Menggunakan Metode Certainty Factor (CF),” 2018. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

D. Megaria Elisabeth, “METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi”, doi: 10.46880/jmika.Vol3No1.pp40-53.

M. Rizqy, N. Junaedi, F. M. Hidayat, I. Wiseto, and P. Agung, “EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI E-KONSELING ARSPIRA BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE TAM,” 2021. [Online]. Available: https://arspira.com.

S. Alim and P. Puji Lestari, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN KAKAO MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR PADA KELOMPOK TANI PT OLAM INDONESIA (COCOA) CABANG LAMPUNG,” 2020.

Saleh Achiruddin Adnan “Buku Pengantar Psikologi” 2018.

E. Agnitio, G. Lisaputra, R. T. Subagio, and D. Martha, “SISTEM PAKAR UNTUK MNGETAHUI KEPRIBADIAN DASAR CALON KARYAWAN DI P.T. SOLINDO NUSATAMA DENGAN METODE FOWARD CHAINING BERBASIS WEB,” 2014.

A. D. Nurochim, A. A. Wardani, and A. R. Putri, “PEMBENTUKAN DAN PERKEMBANGAN ALAT TES DISC: SEBUAH LITERATURE REVIEW,” Jurnal Flourishing, vol. 2, no. 1, pp. 59–63, doi: 10.17977/10.17977/um070v2i12022p59-63.

N. A. Putri, “Sistem Pakar untuk Mengidentifikasi Kepribadian Siswa Menggunakan Metode Certainty Factor dalam Mendukung Pendekatan Guru,” INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, vol. 1, no. 1, pp. 78–90, Mar. 2018, doi: 10.31539/intecoms.v1i1.164.

H. Suhendi and A. Supriadi, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN KECEMASAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEBSITE,” vol. 02, 2020.

R. Rachman and A. Mukminin, “Penerapan Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD,” 2018.

I. H. Santi and B. Andari, “Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Jenis Kulit Wajah dengan Metode Certainty Factor,” INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, p. 159, 2019, doi: 10.29407/intensif.v3i2.12792.