PENGARUH MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DAN KUALITAS PENDIDIKAN TERHADAP CITRA SEKOLAH PADA SDN DAYA BAKTI KABUPATEN SUBANG

Main Article Content

Aep Husin
Acep Rohendi
Yani Restiani Widjaja
Kahar Mulyani

Abstract

ABSTRAK


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah secara bersama-sama terdapat pengaruh antara variabel Manajemen Hubungan Masyarakat Sekolah dan Kualitas Pendidikan terhadap variabel Citra Sekolah di SDN Daya Bakti Kabupaten Subang. Metode peneitian dengan menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Dari hasil penelitian menyatakan terdapat koefisien korelasi Parsial antara variabel Manajemen Hubungan Masyarakat Sekolah terhadap variabel Citra Sekolah didiperoleh nilai sebesar 0,839 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil analisis bernilai positif dan pengaruhnya sangat kuat,. Dengan hasil tersebut diatas dapat dikatakan bahwa variabel Manajemen Hubungan Masyarakat Sekolah mempunyai pengaruh sebesar 70,4% terhadap variabel Citra Sekolah dan sisanya 29,6% disebabkan oleh faktor-faktor yang lainnya. Dari hasil analisis koefisien korelasi Parsial antara variabel Kualitas Pendidikan terhadap variabel  Citra Sekolah di peroleh nilai sebesar 0,935 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil analisis bernilai positif dan pengaruhnya sangat kuat. Dengan hasil tersebut diatas dapat dikatakan bahwa variabel Kualitas Pendidikan mempunyai pengaruh sebesar 87,4% terhadap variabel Citra Sekolah dan sisanya 12,6% disebabkan oleh faktor-faktor yang lainnya, jadi variabel Kualitas Pendidikan memiliki pengaruh sebesar 87,4% terhadap variabel Citra Sekolah. Berdasarkan analisis koefisien korelasi berganda yang menghasilkan nilai R sebesar 0,942 dan sedangkan nilai R Square sebesar 0,886 atau 88,6%, dengan hasil analisa secara simultan variabel Manajemen Hubungan Masyarakat Sekolah dan Kualitas Pendidikan terhadap variabel Citra Sekolah memiliki nilai positif dan ada pengaruh yang sangat kuat dan signifikan.


Kata Kunci : Manajemen Hubungan Masyarakat, Kualitas Pendidikan, Citra Sekolah


 


ABSTRACT


The aim of the study was to find out whether together there was an influence between the School Community Relations Management and Education Quality variables on the School Image variable at SDN Daya Bakti, Subang Regency. Research method using quantitative research methodology. From the results of the study stated that there was a partial correlation coefficient between the School Public Relations Management variable and the School Image variable obtained a value of 0.839 so it can be concluded that the analysis results are positive and the influence is very strong. With the above results it can be said that the School Community Relations Management variable has an influence of 70.4% on the School Image variable and the remaining 29.6% is caused by other factors. From the analysis of the partial correlation coefficient between the variable Quality of Education and the variable School Image a value of 0.935 is obtained so that it can be concluded that the results of the analysis are positive and the influence is very strong. With the above results it can be said that the variable Quality of Education has an influence of 87.4% on the variable School Image and the remaining 12.6% is caused by other factors, so the variable Quality of Education has an influence of 87.4% of the School Image variable. Based on the analysis of multiple correlation coefficients that produce an R value of 0.942 and an R Square value of 0.886 or 88.6%, with the results of simultaneous analysis of the variables Management of School Community Relations and Quality of Education on the variable School Image has a positive value and there is a very strong and significant influence.


Keywords: Community Relations Management, Quality of Education, School Image


 

Article Details

How to Cite
Husin, A., Rohendi, A., Widjaja, Y. R., & Mulyani, K. (2023). PENGARUH MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DAN KUALITAS PENDIDIKAN TERHADAP CITRA SEKOLAH PADA SDN DAYA BAKTI KABUPATEN SUBANG. Prosiding Magister Manajemen ARS University , 1(-), 137-147. Retrieved from https://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pmm/article/view/1047
Section
Articles