Perancangan Game 2D Side Scrolling Other Side Dengan Model GDLC

Main Article Content

Irfan Muhammad Ghufron
Rian Ferdian Maulana
Arvand Alfarizki Pratama
Iedam Fardian Anshori

Abstract

Dunia game semakin berkembang. Game aksi, horor, role-playing, dan side-scrolling termasuk yang pertama kali muncul. Namun, banyak anggota generasi saat ini atau anak-anak yang lahir di tahun 2000-an masih asing dengan genre side scrolling. Di sisi lain, gamer kelahiran tahun 1990-an ini mungkin sudah sangat familiar dengan genre side scrolling karena hampir semua game saat itu adalah side scrolling 2D karena keterbatasan teknologi. Untuk itulah dibuat game Other Side ini dengan tujuan untuk menghibur dan mengenalkan bahwa genre side scrolling bukan hanya menghibur tetapi bisa melatih kemampuan berfikir dalam menyelesaikan puzzle yang ada, serta mendapatkan respon dari usia 17-22 tahun atau generasi tahun 2000 an apakah mereka tertarik dengan genre side scrolling terlebih lagi dipadukan dengan genre horror dimana game horror juga sangat disukai orang Indonesia. Unity dan metode Game Development Life Cycle digunakan untuk membuat game horor side-scrolling 2D yang disebut Other Side. Tingkat kepuasan dan minat yang tinggi yang ditunjukkan oleh para pemain di game Other Side menunjukkan bahwa genre side-scrolling masih diminati oleh generasi saat ini.

Article Details

Section
Articles

References

Rahmawan Putra, D., & Adhi Nugroho Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta, M. (2016). PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAN JASA DEVELOPING ANDROID BASED EDUCATIONAL GAME AS A MEANS OF ACCOUNTING LEARNING ON SERVICE COMPANY ADJUSTING JOURNAL MATERIAL Oleh. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIV(1), 25–34.

Cahya, Z., Wahana, A., Wibowo, S. A., & Wahid, A. (2020). GAME ADVENTURE HORROR “LET’S ESCAPE” DENGAN UNITY ENGINE BERBASIS DESKTOP MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 4, Issue 2).

Gustiani, D., & Anshori, I. F. (2021). Perancangan Game Edukasi Pengenalan Sampah Organik Dan Anorganik Di Lingkungan TKIT Bustanul ’Ulum. EProsiding Teknik Informatika …, 2(2). http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/view/451

Daffa, F., Zhafran, N., Prasetyanto, F., & Zani, T. (n.d.). APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MUSEUM GEOLOGI BANDUNG MODUL GAME EDUKASI INTERACTIVE MULTIMEDIA APPLICATIONS FOR THE BANDUNG GEOLOGY MUSEUM EDUCATIONAL GAME MODULE.

Akhyar, K., Anshori, I. F., Studi, P., Informatika, T., Adhirajasa, U., & Sanjaya, R. (2022). Aplikasi Permainan Dekorasi Kue Bread . Co dengan Construct 2 di PT Griya Pratama. 3(1), 213–221.

Vince. (2018). The Many Different Types of Video Games & Their Subgenres. Idtech.Com. https://www.idtech.com/blog/different-types-of-video-game-genres

Fuadah, M. K., & Firmansyah, R. (2022). Perancangan Game Edukasi Pengenalan Bahasa Arab Untuk Siswa TPA Nurul Irfan Menggunakan Unity 3D. E-Prosiding Teknik Informatika, 3(1), 242.

Andi. (2014). Mudah membuat game 3 dimensi menggunakan unity 3D (Ed.I). wahana komputer. https://lib.ummetro.ac.id/index.php?p=show_detail&id=7411

Kautsar, R. D., Sanjaya, R., Studi, P., Informasi, S., Adhirajasa, U., Sanjaya, R., & Programming, E. (2021). Pembuatan Game “ Quiz Trivia Asmaul Husna ” Sebagai Media Edukasi Menggunakan Construct 2. 2(2), 149–161.

Aulia, N. (2021). Perbedaan Test Scenario dan Test Case. BelajarCoding. https://www.barajacoding.or.id/perbedaan-test-scenario-dan-test-case/

Azhar, N. F., & Rochimah, S. (2016). Memprediksi Waktu Memperbaiki Bug dari Laporan Bug Menggunakan Klasifikasi Random Forest. Jurnal Sistem Dan Informatika, 11(1), 156–164.

Rahmadzani, R. F. (2016). Apa yang Harus Ada dalam “Job roles” Industri Developer Game?? Rifqifai. https://rifqifai.com/apa-yang-harus-ada-dalam-job-roles-industri-developer-game/

Andriyat Krisdiawan, R., & Darsanto. (2019). Penerapan Model Pengembangan Gamegdlc (Game Development Life Cycle )Dalam Membangun Game Platform Berbasis Mobile. Teknokom, 2(1), 31–40. https://doi.org/10.31943/teknokom.v2i1.33

Fahrezi, D., & Khasanah, F. N. (2019). Pengujian Black Box Dan Kuesioner Pada Game Feed The Animal. 3(2), 193–202.