Game Edukasi Asma’ul Husna Berbasis Android di SDN Permata Biru dengan Unity

Main Article Content

Fakhri Nuralam Martapura Putra
Iedam Fardian Anshori

Abstract

Asma’ul Husna merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari pada anak kelas 4 SD di SDN Permata Biru. Game Asma’ul Husna menjadi subjek penelitian sebagai media pembelajaran yang baru. Siswa SDN Permata Biru megalami kejenuhan dalam pembelajaran, khususnya mata pelajaran agama materi Asma’ul Husna. Unity menjadi Game Engine pembuatan Game Edukasi Asma’ul Husna ini. Unity memiliki fitur yang diperlukan dalam pembuatan game edukasi ini. Research and Development (R&D) merupakan metode penelitian sekaligus metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini berdasarkan soalan singkat bahwa pelajar sangat senang bermain game Asma’ul Husna ini dan sangat antusias dalam memainkannya.

Article Details

Section
Articles

References

D. Gustiani and I. F. A. Anshori, “Perancangan Game Edukasi Pengenalan Sampah Organik Dan Anorganik Di Lingkungan TKIT Bustanul ’Ulum,” eProsiding Tek. Inform. ARS Univ., vol. 2, no. 2, pp. 37–44, 2021, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/view/451

I. I. Purnomo, “APLIKASI GAME EDUKASI LINGKUNGAN AGEN P VS SAMPAH BERBASIS ANDROID MENGUNAKAN CONSTRUCT 2,” Technol. J. Ilm., vol. 11, no. 2, p. 86, 2020, doi: 10.31602/tji.v11i2.2784.

Anna, “PERANCANGAN GAME PETUALANGAN SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN EDUKASI BERBASIS ANDROID,” SINTECH J., vol. 3, 2020.

F. P. Wildan Wiguna, “MOBILE GAME PEMBELAJARAN MATEMATIKA DASAR MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 DI SDN SASAKSAAT,” eProsiding Tek. Inform. ARS Univ., vol. 1, no. 1, 2020, [Online]. Available: https://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/600/236

M. Z. Mubarok, N. Rahmawati, and M. Nawawi, “Journal of Arabic Learning and Teaching (Terakreditasi Sinta 4) ASMAUL HUSNA DALAM AL QUR’AN,” 2021. [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa

R. D. K. Rangga Sanjaya, “Pembuatan Game ‘Quiz Trivia Asmaul Husna’ Sebagai Media Edukasi Menggunakan Construct 2,” eProsiding Tek. Inform. ARS Univ., vol. 2, no. 2, 2021.

J. Monica Santoso, A. Rahmat Iskandar, A. Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta, J. K. Daan Mogot, and D. Khusus, “RANCANG BANGUN APLIKASI JURNAL DAN ABSENSI PADA STUDY CENTER DI WILAYAH CENGKARENG BARAT BERBASIS ANDROID,” 2020.

U. Kurniawati and H. D. Koeswanti, “Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 1046–1052, Mar. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i2.843.

H. Uin, S. Maulana, and H. Banten, “KONSEP PENELITIAN R&D DALAM BIDANG PENDIDIKAN,” 2017. [Online]. Available: http://www.aftanalisis.com

I. Rohmawati and I. Menarianti, “PENGEMBANGAN GAME EDUKASI TENTANG BUDAYA NUSANTARA ‘TANARA’ MENGGUNAKAN UNITY 3D BERBASIS ANDROID,” 2019. [Online]. Available: http://www.jurnal.umk.ac.id/sitech