Perancangan Game Edukasi Pengenalan Hewan Dan Tumbuhan Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Di Tk Al-Kautsar

Main Article Content

Moh Rizqi Fitrialdi
Iedam Fardian Anshori

Abstract

Game merupakan salah satu pemanfaatan sebuah teknologi yang banyak diminati oleh semua kalangan yang pada umumnya digunakan sebagai media hiburan, namun saat ini game dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk menambah pengetahuan. Game edukasi merupakan media yang memberikan pengajaran dalam bentuk permainan dengan tujuan meningkatkan konsntrasi dan merangsang daya pikir melalui media yang unik dan menarik. Hewan dan tumbuhan merupakan pembelajaran yang perlu diberikan kepada anak-anak sejak usia dini untuk mengenalkan mahluk hidup yang ada disekitar. Dalam hal ini maka dirancanglah sebuah game edukasi pengenalan hewan dan tumbuhan berbasis android dengan mengenalkan jenis-jenis hewan dan tumbuhan dengan mengunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) yang bertujan untuk meningkatkan informasi mengengenai hewan dan tumbuhan. Hasil dari game edukasi pengenalan hewan dan tumbuhan dapat menjadi media pembelajaran yang menyenangkan dan dapat membantu meningkatkan pengetahuan mengenai hewan dan tumbuhan di TK AL-KAUTSAR. Hasil kuesioner yang dibagikan kepada 15 responden dengan 10 pertanyaan menghasilkan persentase sebesar 91% hal ini menunjukan bahwa game edukasi ini sudah mampu menjadi media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi anak.

Article Details

Section
Articles

References

L. Karuniasari, “Pengaturan Perilaku Karakter Non Player Pada Game 2D Build Your City Menggunakan Metode Finite State Machine,” vol. 2, no. 1, pp. 559–565, 2018.

A. Kurniawan, A. N. Rachman, and A. P. Aldya, “Rancang Bangun Game Interaktif Petualangan ‘Kloro’ Berbasis Android,” Sci. Artic. Informatics Students, vol. 1, no. 1, pp. 64–72, 2018.

F. Yulianto, Y. T. Utami, I. Ahmad, and F. Teknik, “GAME EDUKASI PENGENALAN BUAH-BUAHAN BERVITAMIN C UNTUK ANAK USIA DINI Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika | 243,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 7, pp. 242–251, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/view/15554

N. R. W. A. . Kertadikusumah and H. Suhendi, “Permainan 2D Penggolongan Jenis Hewan Berbasis Web di SDN Curugrendeng II,” vol. 2, no. 2, pp. 14–23, 2021.

M. F. Akbar and F. Trisnawati, “Pengembangan Aplikasi Permainan Edukasi Pengenalan Hewan Langka Berbasis Android,” vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2021.

E. Elvira, “Metode Pembelajaran Sains pada Sekolah Taman Kanak-Kanak (Studi pada: Tk Khalifah di Kota Palu 2021),” IQRA J. Ilmu Kependidikan dan Keislam., vol. 16, pp. 82–88, 2021.

S. Arisandi and S. Hidayatulloh, “Aplikasi Media Pembelajaran Mewarnai Gambar Binatang Berbasis Android di TKQ At-Taufiq,” eProsiding Tek. Inform. …, vol. 2, no. 2, pp. 181–190, 2021, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/view/590%0Ahttps://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/download/590/262

E. S. Handayani and W. Wulansari, “GAME EDUKASI ‘ SECRET ZOO ’ SEBAGAI MEDIA UNTUK,” vol. 3, pp. 76–81, 2021.

D. Gustiani and I. F. Anshori, “Perancangan Game Edukasi Pengenalan Sampah Organik Dan Anorganik Di Lingkungan TKIT Bustanul ’Ulum,” eProsiding Tek. Inform. …, vol. 2, no. 2, 2021, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/view/451

M. R. Julianti, M. I. Dzulhaq, and A. Subroto, “254-993-1-Pb,” vol. 9, no. 2, 2019.

F. Y. Al Irsyadi, A. P. Priambadha, and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi Bahasa Arab Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV,” J. Manaj. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 55–66, 2020, doi: 10.34010/jamika.v10i1.2581.

F. S. Sauri, “Perancangan Storyboard Dalam Film Animasi 3D ‘ Sons of Pandawa ’ Storyboard Design in 3D Animation Film ‘ Sons of Pandawa ,’” e-Proceeding Art Des., vol. 6, no. 2, pp. 1672–1680, 2019.