Game Edukasi Mengenal Tata Surya Untuk Kelas 6 SD Berbasis Android
Main Article Content
Abstract
Tata surya merupakan suatu sistem yg tersusun atas matahari sebagai pusatnya dan berbagai 8 planet dan benda langit yang mengelilingi matahari seperti satelit, asteroid dan lain-lain. Planet adala benda langit yang tidak bisa mengeluarkan cahayanya sendiri. Planet berbeda dengan bintang yang dapat memcancarkan cahanya sendiri. Sedangkan planet memantulkan cahaya yg di terima oleh bintang. Kita memiliki delapan planet dalam sistem tata surya yaitu, Merkurius, Venus, Bumi. Mars. Jupiter. Sartunus, Uranus, Neptunus. Mata pelajaran Tata surya adalah materi pembelajaran IPA yg di ajarkan pada anak kelas 6. Materi ini merupakan salah satu pembelajaran yg abstrak, karenak anak sulit mengamti langsung sistem tata surya ini. Penyampaian Tata surya saat ini masih memakai media whiteboard dan gambar yg ada di buku, sehingga siswa kurang memamahami bentuk tata surya ini dan tentu akan membuat siswa menjadi bosan ketika pelajaran sistem tata surya. Perlu diketahui bahwa siswa sekolah dasar pada usia saat ini sangat menyukai hal-hal baru. Dari permasalahan tersebut, penulis tertarik dalam merancang dan membuat suatu game edukasi “Susun Huruf Pengenalan Tata Surya” berbasis android, dengan tujuan yaitu meningkatkan minat dan pengetahuan anak sekolah dasar dalam mengenal sistem tata surya dan pemanfaatan game edukatif ini membuat siswa sekolah dasar lebih interaktif dalam pembelajaran mengenal tata surya
Article Details
References
Hasyim et al., Integrasi Kebangsaan Berbasis Kearifan Lokal, Merdeka Kreasi Group. 2022. Accessed: Jul. 27, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Integrasi_Kebangsaan_Berbasis_Kearifan_L/hlPJEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Integrasi+Kebangsaan+Berbasis+Kearifan+Lokal&printsec=frontcover
A. Hardiansyah and P. Mauliana, “Aplikasi Game Edukasi Mengenal Pahlawan Indonesia Berbasis Android Pada SDN Ciburuy,” vol. 2, no. 2, 2021, Accessed: Jun. 26, 2023. [Online]. Available: https://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/view/480
D. R. Firdaus, “PENTINGNYA SEJARAH BAGI GENERASI MUDA,” Pentingnya Sejarah Bagi Generasi Muda, Apr. 2021, Accessed: Jul. 27, 2023. [Online]. Available: https://osf.io/z8fgv
L. Dias, J. Enstein, G. A. Manu, U. Citra Bangsa, P. Nusa, and T. Timur, “PERANCANGAN GAME EDUKASI SEJARAH KEMERDEKAAN INDONESIA MENGGUNAKAN APLIKASI CONSTRUCT 2 BERBASIS ANDROID,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), no. 4, pp. 2621–1467, 2021, Accessed: Jun. 26, 2023. [Online]. Available: https://ojs.cbn.ac.id/index.php/jukanti/article/view/233
K. S. Adnyana and G. N. A. Yudaparmita, “Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar,” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 1, p. 61, Mar. 2023, doi: 10.55115/edukasi.v4i1.3023.
D. Balanof, H. Ahmadian, and A. Majid, “PERANCANGAN GAME EDUKASI MATERI SISTEM TATA SURYA,” JINTECH: Journal of Information Technology, vol. 3, no. 1, p., 2022, [Online]. Available: https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/jintech
P. R. Shalih and I. Irfansyah, “Perancangan Game Berbasis Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Tentang Tokoh Pahlawan Indonesia Masa Kini untuk Generasi Z,” Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, vol. 2, no. 2, pp. 83–92, Dec. 2020, doi: 10.17509/edsence.v2i2.26690.
E. Anthony and Eryc, “Perancangan dan Implementasi Media Pembelajaran English for Tourism di SMK Negeri 2 Batam Menggunakan Metode MDLC,” Perancangan dan Implementasi Media Pembelajaran English for Tourism di SMK Negeri 2 Batam Menggunakan Metode MDLC, 2022, Accessed: Aug. 25, 2023. [Online]. Available: https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/7097
“JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika),” 2019.
R. Octaviani and A. Aryapranata, “Games Edukasi Android dengan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” 2019.