Aplikasi Game Edukasi Mengenal Pahlawan Indonesia Berbasis Android Pada SDN Ciburuy

Main Article Content

Angga Hardiansyah
Phitsa Mauliani

Abstract

Indonesia memiliki banyak sejarah, kisah sejarah kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari perjuangan para Pahlawan Nasional yang turun melawan para penjajah sampai dibacakannya proklamasi kemerdekaan oleh Soekarno. Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia, maka dari itu penting untuk memperkenalkan para tokoh Pahlawan Nasional kepada anak. Pengenalan Pahlawan Nasional diterapkan pada dunia pendidikan salah satunya di sekolah dasar, cara efektif untuk mengenalkan Pahlawan Nasioanal adalah teknik pembelajaran interaktif dengan menggunakan game edukasi. Aktivitas belajar melalui media game edukasi dengan media game puzzle adalah aktivitas yang bisa membuat anak tertarik dan penasaran untuk dapat lebih memperhatikan penjelasan pendidik dan dapat juga mempengaruhi kecerdasan anak. Puzzle adalah game yang melatih cara berfikir anak dengan cara menyusun kepingan puzzle menjadi utuh. Penerapan game puzzle pada saat ini lebih banyak digunakan pada aplikasi mobile, salah satunya aplikasi yang berbasis android. Game edukasi mengenal pahlawan Indonesia dirancang dengan memanfaatkan teknologi animasi 2D dalam permainannya. Pada penelitian ini telah menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa aplikasi game edukasi mengenal pahlawan Indonesia berbasis android.

Article Details

Section
Articles

References

L. P. G. Widiastuti, N. I. Maghfirani, and N. A. Rakhmawati, “Klasterisasi Pahlawan Nasional Indonesia Berdasarkan Daerah Asal Menggunakan Algoritma Community Detection,” Sistemasi, vol. 10, no. 1, p. 52, 2021, doi: 10.32520/stmsi.v10i1.1068.

D. Tresnawati and L. Fitriani, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Sejarah Pahlawan Wanita Indonesia Berbasis Android,” J. Algoritm., vol. 17, no. 1, pp. 98–103, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.17-1.98.

J. Hendrawan and I. D. Perwitasari, “Aplikasi Pengenalan Pahlawan Nasional Dan Pahlawan Revolusi Berbasis Android,” J. Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, p. 34, 2019, doi: 10.36294/jurti.v3i1.685.

B. Djo and H. Suhendi, “Perancangan Game Tambang Batu Bara Menggunakan Scirra Construct 2 Di Pt. Aluna Kusumah Lestari,” eProsiding Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 307–312, 2021.

F. E. Gamal, E. Iryanti, T. G. Laksana, and A. N. A. Thohari, “Pengenalan Pahlawan Nasional Indonesia Melalui Game Edukasi dengan Metode Multimedia Development Life Cycle,” Proc. Conf. Electr. Eng. Telemat. Ind. Technol. Creat. Media, pp. 67–73, 2018.

R. Kurnia and R. Firmansyah, “Perancangan Game Edukasi Teknik Fotografi Menggunakan Unity 3D,” vol. 2, no. 1, pp. 51–58, 2021.

W. Muslian and P. Mauliana, “Implementasi Sangkuriang Fishing Game Berbasis Website Menggunakan Construct 2,” POTENSI (eProsiding Sist. Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 60–69, 2020.

H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. Vol.3 No.1, no. 1, pp. 26–31, 2018.

M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 121, 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.

L. L. Dias, J. Enstein, and G. A. Manu, “Perancangan Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia menggunakan Aplikasi Construct 2 berbasis Android,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 27–34, 2021, doi: 10.37792/jukanti.v4i1.233.