Sistem Informasi Geografis (SIG) Berbasis Web Persebaran UMKM Kuliner Di Wilayah Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung

Main Article Content

Devi Yulianti
Yudi Ramdhani

Abstract

Perkembangan UMKM di wilayah kota bandung berkembang sangat pesat, dampak baik dari usaha UMKM memberikan lapangan pekerjaan dan mampu membangun roda perekonomian daerah. Tercatat terdapat kurang lebih 6140 UMKM di Kota Bandung. Didukung dengan tempat yang strategis dekat dengan wilayah universitas, tempat wisata dan pusat perbelanjaan yang menjadi peluang usaha bagi penduduk setempat. Salah satunya adalah usaha kuliner warung nasi tegal atau sering disebut dengan warteg. Ciri khas dari warteg yaitu menyediakan makanan dan minuman sederhana juga terjangkau. Sebuah aplikasi Geographic Information System (GIS) berbasis web guna untuk memetakan usaha kuliner warteg di wilayah Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung Jawa Barat. Aplikasi yang dibangun untuk menghasilkan sebuah sistem informasi geografis dengan visualisasi data spasial yang didalamnya terdapat letak posisi warteg, informasi nomor telepon pemilik warteg dan beberapa menu makanan yang terdapat di warteg tersebut agar mudah ditemukan dan dikenal banyak orang khususnya para mahasiswa ARS University yang kebanyakan lokasi kostannya di wilayah tersebut. Pengunjung juga dapat memesan makanan melalui nomorc telepon yang tertera di websitenya. Dalam membangun aplikasi ini diperlukan data peta wilayah berupa titik koordinat lokasi dengan cara observasi setiap tempat atau lokasi warteg. Web SIG diolah dengan menggunakan Bahasa native PHP, Java Script. Tampilan front end untuk user menggunakan tamplate bootstrap dan Google Maps API sebagai peta wilayah.

Article Details

Section
Articles

References

Frstour Travel Agency, "Welcome to Tour Bandung.Com," 2021. [Online]. Available: https://www.tourbandung.com/berburu-wisata-kuliner-di-bandung/.

Nimda, "Inilah Daftar Kampus yang Ada di Bandung, Kamu Mau Pilih Mana?," 20 Maret 2018. [Online]. Available: http://www.unpas.ac.id/inilah-daftar-kampus-yang-ada-di-bandung-kamu-mau-pilih-mana/.

Media Wiki, "Google Maps," 1 September 2021. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Maps.

H. Wadi, Pemrograman Android Untuk Aplikasi Google Maps.

G. W. Sasmito, "Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal," Jurnal Pengembangan IT (JPIT), p. 12, 2017.

A. H. Insan Aghnia Almy, "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KLINIK PRATAMA MITRAMEDIK ARCAMANIK BERBASIS WEB," eProsiding Sistem Informasi (POTENSI), vol. 1, pp. 248-259, 2020.

A. H. Dian Handayani, "RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI DATA PASIEN RAWAT INAP PADA PUSKESMAS SELAJAMBE," eProsiding Sistem Informasi (POTENSI), vol. 1, pp. 210-217, 2020.

N. Widiastuti, R. Herlina, R. Permana and T. Suhartini, "STRATEGI KOMUNIKASI KRISIS UMKM DI TENGAH PANDEMIK," JURNALSOSIAL &ABDIMAS, pp. 1-28, 2020.

N. Aziz, Andika, B. O. E. Andriansyah, J. Alam, R. Permana, S. Deni, T. Sumarno and T. F. A. Fauzi, "AUDIT SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 PADA E-LEARNING ARS UNIVERSITY," Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh, vol. 4, pp. 132-139, 2020.

B. and D. D. Kota, "Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung," 10 September 2021. [Online]. Available: https://disbudpar.bandung.go.id/. [Accessed 1 11 2021].

A. and A. , "Sistem Informais Geografis Pengertian dan Aplikasinya," Academia, p. 17, 2007.

M. Linarwati, A. Fathoni2 and M. M. Minarsih, "STUDI DESKRIPTIF PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA," Journal of Management, vol. 2, pp. 1-8, 2016.

I. Yulia, "OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL," HEARTY Jurnal Kesehatan Masyarakat, vol. 6, pp. 1-10, 2018.

B. Sudarsono, "Pembelajar pada Sigma Kappa Sigma INDONESIA," Acarya Pustaka, vol. 3, pp. 1-18, 2017.