Rancang Bangun Puzzle Rubik 3D Berbasis Android untuk Mengasah Motorik Siswa (SDN 244 Guruminda)

Main Article Content

Irwan Setiawan
Salman Topiq

Abstract

Pembelajaran motorik merupakan salah satu kendala yang di alami para siswa SDN 244 GURUMINDA dalam melatih perkembangan Keterampilan motorik melalui hal-hal positif dan juga dapat memicu para siswa ingin terdorong melakukan kegiatan yang dapat melatih motoriknya, dikerenakan banyak pula siswa yang kurang bergerak di dalam kelas. Pihak sekolah SDN 244 GURUMINDA pun harus mengadakan kegiatan yang bisa melatih anak didinya dengan cara penyenangkan, oleh kerana itu permainan Rubik’3D solusi untuk bertujuan agar siswa dapat melatih motoriknya, maka di ciptakanya game Rubik’3D sebagai solusi untuk siswa yang pergerkannya kurang di dalam kelas. agar anak tertarik untuk memainkannya, apalagi bermainnya tanpa disadari anak tersebut telah mengembangkan motoriknya. Di kerenakan fase anak-anak dapat dilatih dengan cara bermain, misalnya aplikasi puzzle dengan Media pembelajaran berbasis android untuk melatih motorik anak berkebutuhan khusus. Game Rubik’s 3D juga dapat mengisi waktu luang saat jam kosong dan mengisi kegiatan ekstrakurikuler. Guru dan orang tua pun dapat mefasilitasi anak didinya dengan cara mudah kerena game Rubik’s 3D ini dapat di mainkan di mana saja dengan cara yang mudah, walaupun sering berada di dalam kelas.

Article Details

Section
Articles

References

E. Novieastari, K. Ibrahim, and D. Deswani, Fundamentals of Nursing Vol 1- 9th Indonesian Edition. Elsevier Health Sciences, 2019.

R. Fitriani and R. Adawiyah, Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini, vol. 2, no. 01. Prenada Media, 2018. doi: 10.29408/goldenage.v2i01.742.

Rd. M. I. Darodjatun, W. Wiguna, R. M. I. Darojatun, and W. Wiguna, “Pengembangan Edutainment Huruf Hijaiyah Menggunakan Unity 2D Berbasis Mobile di RA Ash Shoffa,” POTENSI (eProsiding Sistem Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 70–79, 2020.

D. Handayani and H. Lubis, “Perancangan aplikasi media pembelajaran untuk melatih motorik anak berkebutuhan khusus (Autis) berbasis Android,” Jurnal Rekayasa Informasi, vol. 8, no. 2, pp. 88–93, 2019.

M. Y. Yandhy, “Game Puzzle Untuk Melatih dan Meningkatkan Motorik Halus Anak Tuna Grahita.” Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 2019.

W. Adi, “Panduan Praktis Main Rubik Untuk Pemula,” 2019.

D. M. Setiawan and W. Wiguna, “Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Mobile Menggunakan Unity di TK Ryadlol Hasanah,” eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), vol. 1, no. 1, pp. 208–217, 2021.

N. Umar and W. Wiguna, “Gamifikasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile di Sekolah Dasar Negeri Sindangmulya II,” eProsiding Sistem Informasi (POTENSI), vol. 1, no. 1, pp. 231–241, 2020.

F. Priyatna and W. Wiguna, “Mobile Game Pembelajaran Matematika Dasar Menggunakan Construct 2 di SDN Sasaksaat,” eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), vol. 1, no. 1, pp. 218–227, 2021.

I. L. Hayati, “Pengembangan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Running Teks Berbasis Media Proshow.” IAIN SALATIGA, 2020.

R. Ma’rufah, “Pengembangan Media Pembelajaran Game Education pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi My Body.” IAIN SALATIGA, 2020.

D. Dwi, N. Wulan, and A. Fauzi, “APLIKASI MOBILE LEARNING JURUSAN MULTIMEDIA BERBASIS ANDROID PADA SMK 1 ANJATAN INDRAMAYU,” JURNAL RESPONSIF, vol. 3, no. 1, pp. 53–62, 2021, [Online]. Available: http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jti