Perancangan Game First Person Shooter Edukasi Pengenalan Bakteri Dan Virus Berbasis Augmented Reality

Main Article Content

Lintang Ceissar Senja Chatulistiwa
Ali Akbar Rismayadi

Abstract

Tingginya kasus penyakit infeksi saluran pernapasan di Indonesia yang mencapai 150.000 kasus setiap tahunnya. Ini menandakan banyak masyarakat yang kurang peduli akan kebersihan diri dan lingkungannya. Untuk pencegahan penyakit infeksi saluran pernapasan ini bergantung kebiasaan setiap individu dalam menjaga kesehatan diri sendiri serta lingkungannya. Penyakit saluran infeksi saluran pernapasan ini dapat disebabkan karena bakteri ataupun virus. Dengan tingginya kasus penyakit saluran pernapasan ini, maka perlu adanya edukasi bagi masyarakat agar tidak terjangkit bakteri serta virus penyebab penyakit infeksi saluran pernapasan. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi khususnya Android, edukasi bisa dilakukan dengan menggunakan game edukasi, yang dimana game sendiri di Indonesia banyak sekali peminatnya seperti game-game yang memiliki genre First Person Shooter, yang lebih dikenal dengan sebutan game FPS. Game edukasi pengenalan bakteri dan virus ini dirancang dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam permainannya. Untuk mendapatkan infomasi mengenai pencegahan bakteri dan virus penyebab penyakit infeksi saluran pernapasan, pengguna diharuskan untuk menembak bakteri atau virus dengan waktu tertentu untuk bisa masuk kebagian penampilan informasi. Game edukasi ini dikerjakan menggunakan software Unity3D, pengembangannya memakai metode waterfall. Game Mikroba Shooter dapat berjalan dengan baik sesuai rancangan. Mulai dari menembak target, hingga scan image untuk menampilkan object 3D bakteri atau virus dengan hasil pengujian menggunakan metode Blackbox yaitu valid secara keseluruhan.

Article Details

Section
Articles

References

E. T. Matasina, “PENERAPAN REGRESI LOGISTIK UNTUK KASUS INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) PADA BALITA,” J. Difer., vol. 02, no. 01, pp. 46–53, 2020.

T. C. Mulat and Suprapto, “Studi Kasus Pada Pasien Dengan Masalah Kesehatan Ispa Di Kelurahan Barombong Kecamatan Tamalate Kota Makassar” J. Ilm. Kesehat. Sandi Husada, vol. 6, no. 2, pp. 10–14, 2018, doi: 10.35816/jiskh.v6i2.55.

C. Arumsari, E. Yulianto, and E. N. Afifah, “SOSIALISASI DALAM RANGKA MEMELIHARA KESADARAN WARGA PADA KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 272–276, 2021, doi: 10.31949/jb.v2i1.676.

A. Mubarok et al., “Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung” J. Abdimas BSI, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/2847/1851.

I. Paridawati, M. I. Daulay, and R. Amalia, “Persepsi Orangtua Terhadap Penggunaan Smartphone pada Anak Usia Dini di Desa Indrasakti Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar” J. Teach. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 28–34, 2021.

A. M. Jusuf and A. Budiman, “PERANCANGAN RHYTHM GAME SEBAGAI MEDIA YANG MEMUAT NILAI-NILAI TRI TANGTU DARI ARTEFAK SUNDA” e-Proceeding Art Des., vol. 5, no. 3, pp. 2089–2096, 2018.

I. Ramadhan, A. Purwanto, and Nurahman, “Pengembangan Teknologi Game Indonesia Untuk Permainan First Person Shooter (FPS) 3D Multiplayer ‘Code To Shoot’ Menggunakan Unity Network (Unet) Berbasis Mobile” Jtiulm, vol. 5, no. 2, pp. 39–48, 2020.

M. Ikhsan, T. Frinto, R. Rosnelly, and L. Wahyuni, “PERANCANGAN APLIKASI GAME LABIRIN PENCARIAN BENDA PUSAKA MENGGUNAKAN ALGORITMA BACKTRACKING” IT J., vol. 8, pp. 121–131, 2020.

A. Octaviano and C. P. Prakos, “Aplikasi Game Edukasi Media Pembelajaran Berbasis Mobile” Pros. Semin. Nas. Inform. dan Sist. Inf., vol. 5, pp. 200–204, 2021, [Online]. Available: http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/SNISIS/article/view/9272.

I. J. Robot, V. Tulenan, and S. D. E. Paturusi, “Pengembangan Game 3D First Person Shooter Peristiwa Kemerdekaan 14 Februari 1946 di Sulawesi Utara” J. Tek. Inform., vol. 15, no. 2, pp. 109–118, 2020, doi: 10.35793/jti.15.2.2020.29076.

Y. A. Makambahe, D. R. Kaparang, and A. Mewengkang, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Huruf Berbasis Augmented Reality (AR)” Eng. Educ. J., vol. 6, no. 3, 2018.

B. Pane, X. Najoan, and S. Paturusi, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia” J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, 2017, doi: 10.35793/jti.12.1.2017.17793.

A. Galih Pradana, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘ AMUDRA ’ Alat Musik Daerah Berbasis Android” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 1, pp. 77–80, 2019.

F. Y. Al Irsyadi, A. P. Priambadha, and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi Bahasa Arab Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV” J. Manaj. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 55–66, 2020, doi: 10.34010/jamika.v10i1.2581.