E-Commerce Penjualan Kue Berbasis Web Pada Nurjanah Cake

Main Article Content

Gamara Amirul Haq
Iedam Fardian Anshori

Abstract

Nurjanah Cake adalah suatu toko yang bergerak dibidang pembuatan makanan. Nurjanah Cake ini menghasilkan produk berupa berbagai macam bolu dari bolu untuk khitanan, bolu untuk pernikahan, bolu untuk acara syukuran, bolu untuk ulang tahun, bolu kukus , bolu brownies, bolu black forest dan kue , yang kemudian di distribusikan ke berbagai tempat dengan melayani antar pesanan dengan sistem pembayaran cash on delivery. Perkembangan Nurjanah Cake tidak efisien karena kurang nya pemanfaatan tekonologi, terdapat permasalahan seperti tidak adanya media distribusi yang menyebabkan penjualan masih secara manual dengan memasang spanduk dan banner di halaman toko. Sistem pengelolaan data produk yang belum bisa tercatat dengan baik, pengolahan data keuangan secara manual dan nurjanah cake tidak dapat berkembang dalam penjualannya. Untuk mengatasi masalah yang dihadapi nurjanah cake yaitu dibuatlah website e-commerce Nurjanah Cake. Dalam pembuatan sistem nya , peneliti melakukan survey ke toko dan melakukan tanya jawab dengan pemilik toko. Sedangkan untuk model pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Hasil nya dengan menerapkan website E-Commerce Nurjanah Cake dapat memudahkan pengelolaan usahanya dalam kegiatan pemasaran dan pendistribusian produk dengan pasar yang lebih luas. Setelah website e-commerce diimplementasikan, selanjutnya dilakukan tahap evaluasi blackbox testing, kemudian data tersebut di analisis untuk mengetahui sejauh mana website Nurjanah Cake dapat membantu pemilik usaha dalam berkembang.

Article Details

Section
Articles

References

A. Mustofa and M. Mutmainah, “Perancangan E-Commerce Penjualan Komputer Dan Alat Elektronik Berbasis Web Pada Toko Damar Komputer Pringsewu,” J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 4, no. 0, pp. 62–67, 2017, [Online]. Available: http://ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/JurnalTam/article/view/38.

M. Audrilia and A. Budiman, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Bengkel Berbasis Web (Studi Kasus?: Bengkel Anugrah),” J. Madani Ilmu Pengetahuan, Teknol. dan Hum., vol. 3, no. 1, pp. 1–12, 2020, doi: 10.33753/madani.v3i1.78.

D. Larasati, “Implementasi Sistem Manajemen Mutu (Smm) Berbasis Iso 9001:2008 Dalam Lembaga Pendidikan (Studi Pada SMAN 5 Malang),” J. Adm. Publik Mhs. Univ. Brawijaya, vol. 1, no. 1, p. 72504, 2013.

S. A. Wulandari, “Sistem Informasi Penjualan Produk Berbasis Web Pada Chanel Distro Pringsewu,” J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 4, no. 0, pp. 41–47, 2017, [Online]. Available: http://ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/JurnalTam/article/view/36/36.

D. Susandi and S. Sukisno, “Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 4, pp. 5–8, 2017, doi: 10.30656/jsii.v4i0.368.

I. G. Hendrayana and G. S. Mahendra, “Perancangan Metode AHP-MOORA Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Wisata,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Tek. Inform. Ke-10, vol. 1, no. 1, pp. 143–149, 2019.

R. Firmansyah, P. Mauliana, N. Hunaifi, W. Wiguna, R. D. Sulastriningsih, and Y. Komalasari, “Penerapan Sistem Penjualan Online pada Usaha Dagang Kusuma Bandung,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. UBJ, vol. 1, no. 2, 2018, doi: 10.31599/jabdimas.v1i2.339.

O. Veza, “Perancangan E-commerce Untuk Memperluas Produk Komunikasi di PT. Golden Communication Berbasis Web Mobile,” J. Tek. Ibnu Sina, vol. 4, no. 1, pp. 95–100, 2019, doi: 10.36352/jt-ibsi.v4i1.180.

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi KaHandayani, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182–189. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i2.310,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, pp. 182–189, 2018.

D, Muhammad Ramdhani, R.Sanjaya, “Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Dan,” eProsiding Tek. Inform. (PROTEKTIF, vol. 1, no. 1, pp. 228–236, 2020.