Aplikasi Game Simulasi Operasional Supermarket dengan CreateJS di PT Harja Gunatama Lestari

Main Article Content

Angga Pratama
Hendi Suhendi

Abstract

Supermarket yang saat ini berkembang dengan cepat adalah pusat perbelanjaan yang menyediakan barang-barang kebutuhan harian. Banyaknya pengunjung mengakibatkan lonjakan operasional yang membuat supermarket harus selalu siap, cepat, tepat, dan berpengalaman. Simulasi berguna untuk melatih karyawan dalam mengatasi masalah tersebut, maka di buatkan aplikasi permainan simulasi supermarket ini bertujuan untuk mengasah kemampuan setiap karyawan. Pembuatan aplikasi permainan simulasi opersional supermarket dengan createJS ini penulis menggunakan metode R&D dengan konsep atau alur 4D, dilakukannya analisa kebutuhan software dan hardware, kuesioner mengenai jobdesk dan permasalahan yang terjadi, perancangan storyboard, dan akan diuji dengan teknik pengujian White-box testing. Aplikasi permainan simulasi operasional supermarket yang dihasilkan merupakan permainan 2 dimensi yang kinerjanya persis dengan fakta yang terjadi di supermarket itu sendiri, hasil nyata yang di dapatkan berkat permainan simulasi ini adalah setiap karyawan berhasil bertahan dalam menangani setiap konsumen yang terus berdatangan, mengkontrol setiap pergerakan barang, mempercepat pelayanan kasir dalam proses transaksi, dan selalu mengkontrol ketersediaannya barang.

Article Details

Section
Articles

References

A. Sutarman and R. Lesmana, “Analisis Keputusan Pembelian Konsumen dari Sisi Normtif dan Informatif Pada Supermarket Giant Pamulang, Tangerang Selatan,” Proc. …, vol. 1, no. 1, 2019, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/2171.

B. L. V Bataona, A. E. L. Nyoko, and N. P. Nursiani, “Analisis Sistem Antrian Dalam Optimalisasi Layanan Di Supermarket Hyperstore,” J. Manag. Small Mediu. Enterp., vol. 12, no. 2, pp. 225–237, 2020, doi: 10.35508/jom.v12i2.2695.

E. L. M. Sitinjak, W. D. Sasmito, K. Haryanti, W. Kurniasari, and A. Budiman, “PANDUAN OPERASIONAL: Program Aplikasi Simulasi PerdaganganSaham HiFu (Web based & Off-line),” 2020.

H. Halim, I. Mustari, and A. Zakariah, “Analisis Kinerja Operasional Ruas Jalan Satu Arah dengan Menggunakan Mikrosimulasi Vissim (Studi Kasus?: Jalan Masjid Raya di Kota Makassar),” J. Manaj. Aset Infrastruktur Fasilitas, vol. 3, no. 2, pp. 99–107, 2019, doi: 10.12962/j26151847.v3i2.5884.

A. P. Yudha and W. Wiguna, “Aplikasi Media Promosi Mobile Permainan 2D Simulasi Kosmetik Purbasari di PT GOC,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 398–406, 2020.

N. Umar and W. Wiguna, “Gamifikasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile di Sekolah Dasar Negeri Sindangmulya II,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 231–241, 2020.

D. M. Setiawan and W. Wiguna, “Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Mobile Menggunakan Unity di TK Ryadlol Hasanah,” eProsiding Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 208–217, 2021.

F. Priyatna and W. Wiguna, “Mobile Permainan Pembelajaran Matematika Dasar Menggunakan Construct 2 di SDN Sasaksaat,” eProsiding Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 218–227, 2021.

R. M. I. Darodjatun, W. Wiguna, R. M. I. Darojatun, and W. Wiguna, “Pengembangan Edutainment Huruf Hijaiyah Menggunakan Unity 2D Berbasis Mobile di RA Ash Shoffa,” POTENSI (eProsiding Sist. Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 70–79, 2020.

B. Djo and H. Suhendi, “PERANCANGAN PERMAINAN TAMBANG BATU BARA MENGGUNAKAN SCIRRA CONSTRUCT 2 DI PT. ALUNA KUSUMAH LESTARI,” eProsiding Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 307–312, 2021.

M. R. N. Syamdaruna and Y. Ramdhani, “Implementasi Artificial Intelligence Pada Game The Great Maze Dengan Menggunakan Finite State Machine,” eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), vol. 2, no. 2, pp. 64–74, 2021.