Perancangan Game Edukasi Bahasa Inggris di SDN Pasir Impun Menggunakan Construct 2

Main Article Content

Muhamad Agung
Iedam Fardian Anshori

Abstract

Dalam era digital yang terus berkembang ini, pendidikan semakin beradaptasi dengan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Pembelajaran interaktif melalui Game edukasi telah berkembang pesat seiring perkembangan teknologi. Game edukasi menjadi alat pembelajaran efektif dan menarik bagi siswa. Proses pembelajaran bahasa inggris tingkat kelas 1 di SDN 174 Pasir Impun masih menggunakan metode konvensional dan belum menggunakan media pembelajaran interaktif melalui Game edukasi. Dengan permasalahan tersebut perancangan game edukasi bahasa inggris ini dibuat dengan tujuan untuk menerapkan media pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Game engine yang digunakan pada perancangan Game edukasi bahasa inggris ini menggunakan Construct 2 dan metode yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC) dengan lima fase pengembangan yaitu Initiation, Pre-production, Production, Testing, dan Beta. Hasil Game edukasi bahasa inggris mendapatkan presentase yang baik dari segi kelayakan 86% dan segi tampilan antarmuka 94%. Dengan demikian, kesimpulannya adalah game edukasi bahasa inggris mengenal nama hewan layak digunakan untuk media pembelajaran dengan tampilan game yang menarik akan menjadikan ketertarikan siswa untuk belajar menggunakan media game edukasi.

Article Details

Section
Articles