Aplikasi Desain Outdoor Advertising Berbasis Android di PT Arco Tritama Mandiri

Main Article Content

Nanang Mashadi
Syarif Hidayatulloh

Abstract

Perkembangan media outdoor advertising seperti billboard mengharuskan suatu perusahaan percetakan menyediakan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, salah satunya ialah PT Arco Tritama Mandiri. Permasalahan pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pemesanan desain yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Kemudian adanya waktu yang tersita bagi designer yang memerlukan sarana yang efektif bagi pekerjaannya. Pada penelitian ini, diajukan solusi pembuatan desain menggunakan Android yang dapat digunakan oleh pelanggan. Tujuannya yaitu untuk merancang dan membangun aplikasi desain media promosi iklan berbasis Android yang memudahkan pelanggan dan mempersingkat waktu pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi desain outdoor advertising dapat memudahkan pelanggan dalam mempersiapkan sendiri pembuatan desain media iklannya yang akan dipesan secara mandiri, menghemat waktu kerja designer dalam mempercepat proses produksi media iklan luar ruang, serta hasil pengujian menunjukkan kelayakan penggunaan aplikasi yang dipasang pada ponsel Android oleh pelanggan.

Article Details

Section
Articles

References

E. Damayanti, “Kesalahan Penggunaan Bahasa pada Iklan Komersial Media Luar Ruang di Kabupaten Kediri,” Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 4, no. 2, pp. 85–102, 2019.

L. P. Wijaya, “LKP: Perancangan Desain Papan Reklame.” Universitas Dinamika, 2020.

M. Asrul et al., “Pengembangan Aplikasi Percetakan Daring Berbasis Android Di Ar Network,” in Science and Engineering National Seminar, 2020, pp. 562–567.

M. Mustofa, S. Susanti, and H. Sulaiman, “Aplikasi Desain Kartu Nama Berbasis Android Pada Cv Tirta Anugrah,” Jurnal Responsif: Riset Sains dan Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 41–48, 2022.

R. Ridwan and W. Wiguna, “Aplikasi Desain Sertifikat Penghargaan Berbasis Mobile di SMK Al Mukhlisiyah,” EProsiding Sistem Informasi (POTENSI), vol. 1, no. 1, pp. 320–329, 2020.

V. I. Gunawan and S. Hidayatulloh, “Penerapan Aplikasi Tutorial Kebugaran Badan Menggunakan Android di Tiger Gym Bandung,” eProsiding Sistem Informasi (POTENSI), vol. 3, no. 1, pp. 148–155, 2022.

V. Candra et al., Pengantar Metodologi Penelitian. Yayasan Kita Menulis, 2021.

M. F. Y. Prasetya and S. Hidayatulloh, “Implementasi Aplikasi Decibel Meter Berbasis Android Di Pt Trinitech Evorace Motoindo,” Jurnal Responsif: Riset Sains dan Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 34–40, 2022.

J. Juwono, R. Diantoro, I. Purwati, F. O. Aryanto, Y. Yulianti, and S. Mulyati, “Pengembangan Aplikasi Rental Mobil Berbasis Web di Rental Angelita Rentcar dengan Model Spiral,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. 4, no. 4, pp. 226–231, 2021.

N. Hermanto and Fitriyani, “Animasi Interaktif Permainan Puzzle Teka-Teki Buah-Buahan Berbasis Android di TK Bunga Bangsa,” eProsiding Sistem Informasi (POTENSI), vol. 3, no. 1, pp. 166–176, 2022.