Implementasi Aplikasi Kasir Pintar Berbasis Android

Main Article Content

Hadid Fathan Azisabil
Rizal Rachman

Abstract

Usaha kecil dan menengah (UKM) saat ini sedang berkembang sangat pesat di Indonesia. Perkembangan tersebut dapat didukung dengan kemajuan teknologi terutama dalam pengelolaan pembukuan keuangan. Salah satu teknologi yang mendukung saat ini adalah teknologi Android sebagai platform digital yang menggantikan fungsi komputer. Oleh karena itu dalam penelitian ini Penulis berupaya untuk membuat Suatu Sistem berbasis Android yang cocok untuk UKM Khususnya UKM Churronesia dengan menggunaan metode prototype yang menghasilkan untuk menajamen internalnya. Tujuan Pembuatan penelitian ini adalah mengurangi kesalahan pembukuan, memudahkan prosess management keungan, memberi kemudahan pemilik usaha untuk mengembangkan usahanya. dengan menggunakan Aplikasi ini. Pembuatan Aplikasi ini menggunakan Tools pendukung Sistem seperti HTML5, CSS, Bootstrap, JSON, PHP, MYSQLI, dan Cordova. Proses pembuatan aplikasi dimulai dengan  fase  analysis, design, coding, testing, evaluation, dan maintenance. Aplikasi dapat difungsikan untuk memanagement ketersediaan bahan baku, pengeluaran, pemasukan, dan transaksi di lakukan di dalam aplikasi. Dengan terbuatnya aplikasi ini dapat membantu Pemilik untuk mengatur system managementya tetapi juga membuat pekerjaan pegawainya lebih efisien sehingga dapat memaksimalkan pekerjaanya tanpa harus memikirkan management bagian  produksi nya.

Article Details

Section
Articles

References

Bachtiar, L. 2020. “Pengembangan Teknologi Mobile Untuk Sistem Kasir Rumah Makan Di Kota Sampit Menggunakan Firebase Realtime Database.” Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung …: 57–66. http://jtiulm.ti.ft.ulm.ac.id/index.php/jtiulm/article/view/51.

Nuranggang, Lutfi, and Tri Yani Akhirina. 2020. “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan Di Ayam Bakar Pak Mul Berbasis Mobile Android.” Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) 1(04): 542–48.

Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA. 2017. Metode Analisis Dan Perancangan Sistem. ed. CA. Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak. Abdi Sistematika

https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Analisis_dan_Perancangan_Sistem/SbrPDgAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&kptab=overview.

Arfan, T. 2020. “Aplikasi Kalkulator Perhitungan Pajak Penghasilan Final Pada UMKM Berbasis Android.” Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis 13(2): 136–45. https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jakb/article/view/4343.

Rachman, R. S. R. (2021). Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Studi Kasus?: SMA Islam Miftahussa’adah, Parungkuda, Sukabumi. 2(1), 192–201.

Shaleh, M., Anbar, N., Gunawan, B., & Sanjaya, R. (2020). Website E-Commerce Green Fresh untuk UMKM Rumah Sayur Cisarua. EProsiding Sistem Informasi (POTENSI), 1(1), 381–389.

Muzakir, Ari, and Eksen Hidiansah. 2018. “Mobile Hybrid Application Sebagai Solusi Dalam Pelaporan Bencana Menggunakan Framework Cordova.” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT 3(2): 242–48.

Muzawi, Rometdo. 2018. “Rancang Bangun Prototype Pengontrolan Lampu Gedung STMIK Amik Riau Berbasis IoT Menggunakan Rasberry Pi 3 Model B.” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi) 5(1): 100–108.

Putri, Rahmi Eka. 2019. “Prototype of Smart Minimarket.” Journal of Information Technology and Computer Engineering 3(01): 39–53.

Tompoh, Jos Forman. 2016. “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Restoran Berbasis Android.” Jurnal Teknik Informatika 9(1): 1–9.