Simulasi Perawatan Gigi dengan Construct 2 di Klinik Cijambe Dental Care

Main Article Content

Praguna Pajar Pamungkas
Rangga Sanjaya

Abstract

Perawatan gigi merupakan bagian penting dari kesehatan yang perlu diperhatikan oleh masyarakat Namun kebanyakan anak-anak kurang kooperatif selama proses perawatan sehingga dokter gigi mengalami kesulitan menangani anak. Rasa gelisah dan takut merupakan emosi yang paling sering ditunjukkan oleh anak selama perawatan di dokter gigi. Cijambe Dental Care merupakan salah tempat prakter dokter gigi bersama yang salah satunya menyediakan sarana bagi perawatan gigi anak. Tidak terbiasanya anak-anak datang ke klinik gigi membuat mereka merasa ketakutan ketika akan diperiksa giginya. Hal ini menyebabkan terganggunya proses pemeriksaan gigi pada anak-anak oleh dokter maupun suster yang menanganinya. Tujuan dari penulisan skripsi ini terangkum dalam pembuatan simulasi perawatan gigi dengan Construct 2 di Klinik Cijambe Dental Care. Aplikasi simulasi yang sudah dibuatkan bagi anak-anak menjadi merasa senang dan bersemangat untuk datang ke klinik gigi dan tidak merasa takut ketika akan diperiksa giginya. Simulasi perawatan gigi membantu bagi dokter dan suster dalam menanganai proses pemeriksaan gigi pada anak-anak. Aplikasi simulasi perawatan gigi yang dibuat dengan Construct 2 sangat bermanfaat bagi pihak klinik Cijambe Dental Care dalam menyediakan hiburan bagi pasien yang masih anak-anak.

Article Details

Section
Articles

References

E. Gultom and T. Sormin, “Analisis status kesehatan gigi dan kebutuhan perawatan gigi pada murid-murid sd di kota bandar lampung,” J. Ilm. Keperawatan Sai Betik, vol. 13, no. 1, pp. 67–74, 2018.

C. B. Bunga’Allo, B. S. Lampus, and P. N. Gunawan, “Hubungan perasaan takut anak terhadap perawatan gigi dengan kebersihan gigi dan mulut di RSGM Unsrat Manado,” e-GiGi, vol. 4, no. 2, 2016.

F. Akbar, “PEMBUATAN GAME EDUKASI PINTAR MENJAGA KESEHATAN BERBASIS ANDROID.” Universitas Darul’ulum Jombang, 2020.

D. Risdiansyah, A. Sasongko, and R. C. Verera, “Pengembangan Permainan Edukasi Untuk Penyuluhan Kesehatan Jajanan pada Anak Sekolah Dasar Berbasis Mobile,” J. Inform. Kaputama, vol. 4, no. 1, pp. 40–47, 2020.

R. M. I. Darodjatun, W. Wiguna, R. M. I. Darojatun, and W. Wiguna, “Pengembangan Edutainment Huruf Hijaiyah Menggunakan Unity 2D Berbasis Mobile di RA Ash Shoffa,” POTENSI (eProsiding Sist. Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 70–79, 2020.

F. Priyatna and W. Wiguna, “Mobile Game Pembelajaran Matematika Dasar Menggunakan Construct 2 di SDN Sasaksaat,” eProsiding Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 218–227, 2021.

W. Wiguna, P. Mauliana, and A. Y. Permana, “Pengembangan E-Helpdesk Support System Berbasis Web di PT Akur Pratama,” J. RESPONSIF Ris. Sains Inform., vol. 2, no. 1, pp. 19–29, 2020.

A. P. Yudha and W. Wiguna, “Aplikasi Media Promosi Mobile Game 2D Simulasi Kosmetik Purbasari di PT GOC,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 398–406, 2020.

N. Umar and W. Wiguna, “Gamifikasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile di Sekolah Dasar Negeri Sindangmulya II,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 231–241, 2020.

F. Susanto, “Sistem informasi pengolahan data pasien pada puskesmas abung pekurun menggunakan metode prototype,” MIKROTIK J. Manaj. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 65–73, 2018.