Animasi Interaktif Permainan Puzzle Teka-Teki Buah-Buahan Berbasis Android di TK Bunga Bangsa

Main Article Content

Nanang Hermanto
Fitriyani

Abstract

Buah meeupakan salah satu makanan sehat yang sangat dibutuhkan untuk membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar, baik disaat usia muda maupun tua. Terdapat Taman Kanan-kanak (TK) Bunga Bangsa yang memperagakan pembelajaran pengenalan buah-buahan. Guru TK pada institusi tersebut menyampaikannya dengan cara menyediakan alat peraga berupa papan yang terbuat dari bahan kayu yang berisi gambar buah-buahan. Minat anak muda terhadap perkebunan buah-buahan semakin berkurang saat ini, termasuk generasi muda di Pedesaan. Padahal pengenalan buah-buahan perlu diterapkan pada anak usia dini. Pada TK Bunga Bangsa yang menerapkan penataran mengenai perkebunan buah-buahan terdapat kendala dalam proses penyampainnya. Terbatasnya gambar buah-buahan yang terdapat pada papan puzzle mengakibatkan pembelajaran yang statis oleh guru TK dengan materi yang tidak bisa diperbaharui. Kemudian papan puzzle tersebut dianggap kurang menarik lagi bagi anak-anak usia dini yang sudah terbiasa disuguhi gadget oleh para orang tuanya. Alat peraga tersebut terkesan kuno dengan fitur yang masih sangat terbatas seperti tidak adanya fitur animasi buah dada. Solusi masalah pada skripsi ini yaitu akan dibangun aplikasi permainan puzzle pencocokan objek buah-buahan bagi anak muda di Desa Anjarsari, Kabupaten Bandung. Hasilmya permainan animasi interaktif permainan puzzle buah-buahan telah dibuat menggunakan Construct 2 yang dapat dilakukan running pada telepon Android yang dimiliki oleh para orang tua siswa dan guru kelas TK Bunga Bangsa.

Article Details

Section
Articles

References

A. F. Putrawansyah and B. A. Arif, “Sistem Pakar Menentukan Kesesuaian Lahan Pertanian Untuk Budidaya Buah-Buahan Pagar Alam Sumsel,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SEMNASTIK), 2018, vol. 1, no. 1, pp. 674–681.

D. Suryana, Manfaat Buah: Manfaat Buah-buahan. Dayat Suryana Independent, 2018.

N. Habibah, “Kebijakan Pemerintah Indonesia dalam Melindungi Buah Lokal Pasca Tingginya Impor Buah Tiongkok.” Universitas Jenderal Soedirman, 2018.

N. K. A. Enisari, Penalaran Abad 21. CV Jejak (Jejak Publisher), 2020.

D. Rustan, “Pembuatan Game Edukasi Manfaat Buah-Buahan untuk Kesehatan Bagi Anak,” 2020.

K. D. Ansari and R. Rika, “Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Jenis Buah – Buahan Berbasis Multimedia,” J. Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 915–926, 2020.

R. Haruna, N. R. Fadhliana, and W. E. Sari, “Game Edukasi Pengenalan Jenis Buah Buahan Menggunakan Adobe Flash,” Bul. Poltanesa, vol. 20, no. 2, pp. 45–50, 2019, doi: 10.51967/tanesa.v20i2.310.

N. Umar and W. Wiguna, “Gamifikasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile di Sekolah Dasar Negeri Sindangmulya II,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 231–241, 2020.

F. Rezi and R. Pramudita, “Game Edukasi Interaktif Pengenalan Jenis Buah Berbasis Adobe Flash di Tk As - Syifa Bekasi,” J. Mhs. Bina Insa., vol. 4, no. 2, pp. 175–184, 2020.

D. L. Putri, “Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan Untuk TK Negeri Pembina Yogyakarta. pdf,” 2019.

F. Priyatna and W. Wiguna, “Mobile Game Pembelajaran Matematika Dasar Menggunakan Construct 2 di SDN Sasaksaat,” eProsiding Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 218–227, 2021.

A. P. Yudha and W. Wiguna, “Aplikasi Media Promosi Mobile Game 2D Simulasi Kosmetik Purbasari di PT GOC,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 398–406, 2020.

R. M. I. Darodjatun, W. Wiguna, R. M. I. Darojatun, and W. Wiguna, “Pengembangan Edutainment Huruf Hijaiyah Menggunakan Unity 2D Berbasis Mobile di RA Ash Shoffa,” POTENSI (eProsiding Sist. Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 70–79, 2020.

D. M. Setiawan and W. Wiguna, “Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Mobile Menggunakan Unity di TK Ryadlol Hasanah,” eProsiding Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 208–217, 2021.

D. R. Prehanto and I. K. D. Nuryana, BUKU AJAR KONSEP SISTEM INFORMASI. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA, 2020.