Aplikasi Monitoring Servis Mobil pada Kapela Mobil Berbasis Android Menggunakan Metode Mobile-D

Main Article Content

Surya Deni
Sari Susanti

Abstract

Customer yang melakukan servis mobil terkadang meininggalkan mobilnya di kapela honda saat memiliki keperluan lain. Masalah yang ditemukan adalah customer tidak dapat melakukan monitoring progress pengerjaan servis mobil dan tidak dapat dipastikan durasi pengerjaan mobil tersebut. Penelitian ini bertujuan membuat aplikasi untuk monitoring progress servis mobil dan memberikan kemudahan bagi customer untuk memilih kerusakan apa yang akan diperbaiki atau ditunda. Aplikasi ini juga akan memberikan informasi kepada customer durasi pasti dari pengerjaan mobil sehingga customer tidak menghabiskan waktu untuk menunggu. Metode pengembangan perangkat lunak pada penelitian ini menggunakan metode Mobile-d. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi yang bernama Monka-Honda yang memberikan fitur tracking progress servis mobil, fitur pemilihan servis kerusakan yang dapat memudahkan customer ketika meninggalkan mobil untuk di servis di kapela honda.

Article Details

Section
Articles

References

E. T. Hendratno, “Masalah Transportasi Kota Dilihat dengan Pendekatan Hukum, Sosial dan Budaya,” J. Mimb. Huk., vol. 21, no. 3, pp. 494–506, 2009.

N. C. Kresnanto, “Model Pertumbuhan Sepeda Motor Berdasarkan Produk Dosmetik Regional Bruto (PRDB) Perkapita (Studi Kasus Pulau Jawa),” Media Komun. Tek. Sipil, vol. 25, no. 1, p. 107, 2019.

T. FS, “Macam Macam Servis Berkala pada Mobil serta Estimasi Biayanya,” 2020. .

Satria, “SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI SERVICE MOBIL,” vol. XVIII, pp. 343–348, 2019.

N. Kasanti, A. Wijaya, and Suandry, “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Safety Merek Proguard pada PT AIM Safety Indonesia,” Asian J. Innov. Entrep., vol. 04, no. 1, pp. 43–51, 2019.

A. K. Solihin, “Rancangan Aplikasi SMS Gateway untuk Pemesanan Pendaftaran Service Sepeda Motor di AHASS XYZ,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 2, p. 139, 2018.

J. Manungkalit and Z. Situmorang, “Perancangan Pemesanan Jasa Bengkel Mobil Kota Medan Berbasis Web Menggunakan Metode Hill Climbing Search ARTICLE INFORMATION A B S T R A K,” Zakarias Situmorang, vol. 02, no. 02, p. 128, 2020.

Herlina S.kom, M.Si and S. K. Musliadi KH, Pemrograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photoshop, dan Audition. Elex Media Komputindo, 2019.

N. Paramitha, E. Junianto, and S. Susanti, “Penerapan Teorema Bayes Untuk Diagnosis Penyakit Pada Ibu Hamil Berbasis Android,” J. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 53–61, 2019.

D. Anugrah and S. Susanti, “Aplikasi Pengukur Cahaya pada Iklan Luar Ruang Berbasis Android di Golden Mind Advertising,” E-Prosiding Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 37–46, 2021.

Y. Wahyuni and S. Susanti, “Aplikasi Manajemen Order Berbasis Android Pada Kedai Jalaroes Bandung,” E-Prosiding Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 57–66, 2021.

A. Y. Mahendra, A. H. Brata, and K. C. Brata, “Pengembangan Aplikasi Katalog dan Pemesanan Produk Kebutuhan Dapur Berbasis Android menggunakan Metode Mobile-D,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 11, pp. 4818–4825, 2018.

Q. widayati and M. Nasir, “Metode Mobile-D Dalam Rancang Bangun Perangkat Lunak Kamus Istilah Ekonomi,” J. Ilm. Matrik, vol. 20, no. 1, pp. 51–60, 2018.