Sistem Informasi Manajemen Gudang Barang Berbasis Web pada Toko Amelia Grosir Fashion

Main Article Content

Andika
Rizki Tri Prasetio

Abstract

Manajemen gudang bagian dari sebuah sistem logistik perusahaan yang bertanggung jawab atas penyimpanan produk perusahaan dan memberikan informasi kepada manajemen tentang kondisi dan produk yang disimpan di gudang. Pada saat ini, sistem informasi data gudang pada toko Amelia Grosir Fashion ditemukan banyak kendala yang dihadapi antara lain adalah ketidaksesuaian stok material digudang dengan dokumen gudang, keterlambatan pembayaran pembelian material, dan kekeliruan pelaporan penggunaan bahan. Maka pemilik toko membutuhakan aplikasi yang dapat melakukan integrasi data, dapat menyimpan data barang, dan menyederhanakan proses administrasi dan dokumentasi pergudangan. Pada tugas akhir ini dilakukan analisis sistem untuk menentukan kebutuhan sistem dan kemudian perancangan sistem untuk merancang aplikasi sistem informasi data gudang. adapun peneliti menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) untuk merancang aplikasi dengan model proses Waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sistem informasi ini menggunakan PHP (PHP Hypertext Pre-processor) dan MySQL sebagai databasenya. Untuk pengujian program dilakukan dengan pengujian blackbox. Berdasarkan validasi aplikasi, hasil nya menunjukan bahwa fungsi yang diuji valid atau berfungsi dengan benar.

Article Details

Section
Articles

References

D. Solihin, “Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Online Shop Mikaylaku dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening,” Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni dan Teknologi, vol. 4, no. 1, pp. 38-51, 2020.

D. A. Mulyani, “Aplikasi Warehouse Controlling Berbasis Android,” Journal of Information System. Applied, Management, Accounting and Research, vol. 2, no. 4, pp. 46-54, 2018.

Y. Yasrizal, “Pengukuran Kualitas Layanan pada Bisnis Jasa,” Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, vol. 1, no. 1, pp. 45-52, 2019.

R. N. Anissa dan R. T. Prasetio, “Rancang Bangun Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Menggunakan Framework CodeIgniter,” Jurnal Responsif: Riset Sains & Informatika, vol. 3, no. 1, pp. 122-128, 2021.

R. T. Prasetio, A. Mubarok, Y. Ramdhani, E. Junianto, A. A. Rismayadi, I. F. Anshori dan S. Topiq, “Upaya peningkatan produktivitas UMKM melalui implementasi ICT pada look at hijab Bandung,” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 1, 2018.

A. Mubarok, D. Riana, R. Sanjaya, R. T. Prasetio, Y. Ramdhani, A. A. Rismayadi dan A. Herliana, “Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung,” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 1, 2018.

Sholikhah, Pengertian Metode Waterfall, Bandung, 2017.

R. T. Prasetio, “Analisa Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Google Task di Lingkungan Akademik Menggunakan Metode TAM,” JURNAL RESPONSIF: Riset Sains & Informatika, pp. 65-74, 2020.

I. Akil, Referensi dan Pandual UML 2.4, Bandung: Garuda Mas Sejahtera, 2018.

R. Sanjaya dan S. Hesinto, “Rancang Bangun Website Profil Hotel Agung Prabumulih Menggunakan Framework Bootstrap,” Jurnal Teknologi dan Informasi, vol. 7, no. 2, pp. 57-64, 2018.

E. Y. Anggraeni dan R. Irviani, Pengantar Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi Offset, 2017.

M. Salahudin dan A. Rosa, Rekayasan Perangkat Lunak, Bandung: Informatika Bandung, 2016.

A. Jimi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 1-7, 2019.

A. Maulana, M. Sadikin dan A. Izzuddin, “Implementasi Sistem Informasi manajemen Inventaris Berbasis Web di Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi,” Setrum: Sistem Kendali Tenaga Elektronika Telekomunikasi Komputer, vol. 7, no. 1, p. 182, 2018.

R. T. Prasetio, Y. Ramdhani, I. F. Anshori, S. Hidayatulloh dan A. Mubarok, “Analisis Penerimaan Microsoft Office dengan Pendekatan Technology Acceptance Model pada Warga Desa Karyamukti Kecamatan Cililin,” Jurnal Abdimas BSI, vol. 1, no. 3, 2018.