Aplikasi Sistem Informasi Bantuan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Garut Menggunakan Framework PHP

Main Article Content

Fikri Luthfi Budiman
Rizki Tri Prasetio

Abstract

Di zaman sekarang ini ketika dunia dilanda pandemi virus covid-19 yang merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena penyebarannya yang masif dan mengakibatkan kematian termasuk di Indonesia maka pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial yang sangat berdampak terhadap bidang ekonomi kepada masyarakat terutama masyarakat miskin dan para pekerja harian. Untuk meringankan beban masyarakat maka pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan penanggulangan ekonomi berupa produk bantuan sosial baik berupa uang ataupun barang, namun karena informasi yang ada masih kurang masif sehingga masyarakat kesulitan mengakses informasi dan mendaftarkan diri sebagai penerma manfaat khusunya bagi masyarakat Kabupaten Garut. Untuk itu diusulkanlah pembuatan aplikasi ini dalam bentuk website dengan framework PHP agar masyarakat punya akses informasi yang lebih cepat dan tahu terkait prosedur yang melingkupinya sehingga aplikasi ini dirasa efektif dan effisien dengan mengambil data bantuan dari Dinas Sosial Kabupaten Garut. Untuk perancangan aplikasinya menggunakan metode waterfall agar pengerjaan dilakukan secara urut serta menggunakan UML serta ERD untuk mendesain aplikasinya agar sesuai harapan. Hasilnya aplikasi dapat berfungsi dengan baik. Setelah melakukan survei berupa kuisioner, dapat diambil kesimpulan bahwa pembuatan aplikasi ini diperlukan untuk masyarakat yang membutuhkan.

Article Details

Section
Articles

References

N. Widiastuti, R. Herlina, R. Permana dan T. Suhartini, “JURNAL SOSIAL & ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,” STRATEGI KOMUNIKASI KRISIS UMKM DI TENGAH PANDEMIK, pp. 17-22, 2020.

D. Tuwu, “KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENANGANAN,” KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENANGANAN, pp. 267-278, 2020.

A. B. Riyanta, H. Nurcahyo dan J. Santoso, “Implementasi Paket Bantuan Sosial Sebagai Upaya Menghadapi Pandemi Covid-19,” Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan kepada Masyarakat, pp. 82-86, 2020.

R. T. Prasetio, A. Mubarok, Y. Ramdhani, E. Junianto, A. A. Rismayadi, I. F. Anshori dan S. Topiq, “Upaya peningkatan produktivitas UMKM melalui implementasi ICT pada look at hijab Bandung,” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 1, 2018.

A. Mubarok, D. Riana, R. Sanjaya, R. T. Prasetio, Y. Ramdhani, A. A. Rismayadi dan A. Herliana, “Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung,” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 1, 2018.

R. P. Achmad dan T. Arifin, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS ANDROID DAN DESKTOP PADA RESTORAN,” JURNAL RESPONSIF, pp. 1-11, 2021.

D. S. M. Siyota dan M. A. M. Sodik, DASAR METODOLOGI PENELITIAN, Yogyakarta: Literasi Madia Publishing, 2015.

Fatmawati dan J. Munajat, “IMPLEMENTASI MODEL WATERFALL PADA SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG BERBASIS WEB,” MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, Vol 2, No 2, April 2018, pp. 1-9, 2018.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain,” Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), pp. 6-12, 2017.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain,” Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT) , Vol. 2, No. 1, Januari 2017, pp. 6-12, 2017.

R. N. Anissa dan R. T. Prasetio, “Rancang Bangun Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Menggunakan Framework CodeIgniter,” Jurnal Responsif: Riset Sains & Informatika, vol. 3, no. 1, pp. 122-128, 2021.

R. T. Prasetio, “Analisa Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Google Task di Lingkungan Akademik Menggunakan Metode TAM,” JURNAL RESPONSIF: Riset Sains & Informatika, pp. 65-74, 2020.

R. T. Prasetio, Y. Ramdhani, I. F. Anshori, S. Hidayatulloh dan A. Mubarok, “Analisis Penerimaan Microsoft Office dengan Pendekatan Technology Acceptance Model pada Warga Desa Karyamukti Kecamatan Cililin,” Jurnal Abdimas BSI, vol. 1, no. 3, 2018.

I. Najiyah dan I. Haryanti, “Jurnal Responsif,” SENTIMEN ANALISIS COVID-19 DENGAN METODE PROBABILISTIC NEURAL NETWORK DAN TF-IDF, pp. 100-111, 2021.

M. T. Prihandoyo, “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), pp. 126-129, 2018.

W. W. Widiyanto, “ANALISA METODOLOGI PENGEMBANGAN SISTEM DENGAN PERBANDINGAN,” Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakarta, pp. 34-40, 2018.