Aplikasi Penjualan Perlengkapan Rajut Menggunakan M-Commerce Berbasis Android di Toko Sarae

Main Article Content

Fridha Rahmatika
Rizki Tri Prasetio

Abstract

Merajut bukanlah keterampilan yang langka lagi, saat ini model rajutan kembali tren dengan kreasi-kreasi fashionable. Banyak ditemukan kreasi-kreasi indah nan trendy pada busana rajut seperti memproduksi syal, rompi, tablet cover, tutup gelas, jepit rambut sampai tas. Sarae adalah toko yang bergerak di bidang retail dan wholesale perlengkapan rajut mulai dari alat rajut dan benang rajut. Untuk menarik minat pembeli toko sarae membuka online shop pada social media dan marketplace. Hanya saja usaha ini belum mempunyai aplikasi pada smartphone dalam melakukan transaksi penjualan sehingga kurangnya loyalitas dalam menjaring pelanggan serta menghambat pekerjaan kasir atau admin dalam melakukan konfirmasi pesanan. Untuk itu dibutuhkan aplikasi M-Commerce untuk membantu dalam transaksi penjualan. Aplikasi penjualan rajut ini dibangun menggunakan flutter pada android dengan database firebase, dengan spesifikasi minimum OS Android versi 11 atau Oreo. Pengembangan aplikasi ini dibangun menggunakan metode waterfall dimana dimulai dari tahap analisis, perancangan, coding dan pengujian. Pengujian aplikasi ini menggunakan blackbox testing. Dari hasil penelitian yang dikerjakan dapat dirumuskan bahwa aplikasi penjualan perlengkapan rajut menjadi jalan keluar yang tepat untuk perkara yang dihadapi toko sarae dalam peningkatan pelayanan terhadap konsumen.

Article Details

Section
Articles

References

T. Pang, Rajutan Cantik Untuk Pemula, Bandung: Kata Media, 2016.

H. Hanafi, S. Suryanti dan H. Hendra, “Kerajinan Rajut sebagai Produk Cendramata di Nagari Tuo Pariangan,” Jurnal Abdimas Mandiri, vol. 4, no. 1, 2020.

R. T. Prasetio, “Analisa Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Google Task di Lingkungan Akademik Menggunakan Metode TAM,” JURNAL RESPONSIF: Riset Sains & Informatika, pp. 65-74, 2020.

R. T. Prasetio, Y. Ramdhani, I. F. Anshori, S. Hidayatulloh dan A. Mubarok, “Analisis Penerimaan Microsoft Office dengan Pendekatan Technology Acceptance Model pada Warga Desa Karyamukti Kecamatan Cililin,” Jurnal Abdimas BSI, vol. 1, no. 3, 2018.

K. Bass, E-Commerce and Mobile Commerce Technologies, EDTech, 2018.

T. Y. Lamawuran, P. A. Nani dan F. Tedy, “Aplikasi Penjualan Online Kerajinan Lokal Khas Masyarakat Nusa Tenggara Timur Berbasis Andorid,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 7, no. 2, pp. 165-172, 2021.

W. A. Santoso, H. Purwoko dan A. Rusmardiana, “Aplikasi Penjualan Hewan Peliharaan pada Toko Animalshop di Jakarta Selatan Berbasis Android,” dalam Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi, Bandung, 2021.

D. Saepudin dan W. Wiguna, “Aplikasi Video Conference Berbasis Mobile Distance Learning untuk Madrasyah Aliyah Syarif Hidayatulloh,” eProsiding Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 330-340, 2020.

E. Fernando, “Travelshop: Aplikasi Penjualan Tiket Travel Berbasis Android,” Jurnal Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2019.

W. Wiguna dan T. Alawiyah, “Sistem Reservasi paket Wisata Pelayaran Menggunakan Mobile Commerce di Kota Bandung,” Jurnal Voice Informatics, vol. 8, no. 2, pp. 49-62, 2019.

N. Suryana dan W. Wiguna, “Aplikasi Logo Maker Berbasis Mobile di PT Sinar Mandiri Perdana,” eProsiding Teknik Informatika, vol. 1, no. 1, pp. 144-152, 2021.

A. Mubarok, D. Riana, R. Sanjaya, R. T. Prasetio, Y. Ramdhani, A. A. Rismayadi dan A. Herliana, “Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung,” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 1, 2018.

A. Herliana, V. A. Setiawan dan R. T. Prasetio, “enerapan Inferensi Backward Chaining Pada Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Tulang,” Jurnal Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 50-60, 2018.

R. Rachman, “Penerapan Metode AHP untuk menentukan Kualitas Pakaian Jadi di Industri Garment,” Jurnal Informatika, vol. 6, no. 1, pp. 1-8, 2019.

N. Kurniati dan R. T. Prasetio, “Sistem Informasi Monitoring Backup Database Cloud pada Orion IT Solution,” eProsiding Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 407-415, 2020.